Destinasi

Bhakti Alam Sawojajar, Wisata Perkebunan Buah Dengan View Menarik

Agrowisata Bhakti Alam merupakan wisata alam yang menyajikan keindahan alam dan kebun buah yang sangat luas. Objek wisata ini terletak di daerah Nongkojajar, Pasuruan, tepatnya di Desa Ngembal, Kecamatan Tutur, dengan ketinggian antara 450 m hingga 550 m dari permukaan air laut.

Apa yang menarik di Bhakti Alam?

Bhakti Alam merupakan agrowisata yang menyajikan keindahan alam dengan kebun buah, bunga bunga dan tanaman yang luas. Areanya cukup luas, karena dibangun di tanah seluas 300ha, di dalamnya terdapat taman bunga, taman air, tanaman buah buahan, restoran dan juga penginapan. Di dalamnya banyak juga spot selfie , bahkan tak jarang terlihat ibu ibu dan bapak bapak juga enggak sungkan selfie selfie . Udaranya juga sejuk, menjadikan tempat wisata ini nyaman dikunjungi.

Di sini kamu akan disarankan untuk membeli susu, yoghurt dan buah buahan yang murni dari hasil agrowisata Bhakti Alam. Buah buahannya seperti durian, mangga, sawo, belimbing, apel, buah naga, melon dan lainnya.

Kalau kamu membawa anak juga bisa menikmati permainan permainan yang ada di sini, yaitu kereta wisata, Gokart, ATV dan segway

Harga tiket masuk Bhakti Alam Pasuruan

Harga tiket masuknya cukup murah, untuk hari biasa Rp 30.000. Sedangkan tiket saat weekend (Sabtu/Minggu/Libur) akan dikenakan Rp 35.000. Harga sudah termasuk tiket mobil keliling, irisan buah melon, jus buah, dan susu. Setelah membeli tiket, kamu bisa langsung mengantre mobil untuk keliling ke area perkebunan buahnya. Di dalam mobil keliling tersebut ada pemandunya yang menjelaskan segala hal tentang agrowisata Bhakti Alam.

Untuk harga parkir kendaraan akan dikenakan Rp 5.000 per mobil dan Rp 2.000 per motor. Area parkirnya sendiri luas!

 

Lokasi Bhakti Alam Pasuruan


Jika wisatawan datang dari Surabaya, ketika sampai di pertigaan Purwosari, bisa mengambil arah ke Probolinggo (belok kiri). Namun jika datang dari Malang, pengunjung bisa mengambil ke arah kanan. Dari pertigaan Purwosari ini, mengikuti jalan dan sekitar 500 m terdapat pertigaan dengan tanda Bhakti Alam. Lalu, ambil jalan ke kanan dan ikuti jalan hingga tiba di tempat wisata ini.

Medan menuju Bhakti alam adalah perjalanan menanjak naik turun, kita akan dibawa keketinggian sejauh 550 mdpl. Kebetulan sewaktu saya kesana cuaca sedang bersahabat, udara sangat sejuk dan langit sedang mendung. Dikiri kanan jalan banyak terdapat pohon-pohon hijau dan sesekali saya melihat beberapa penduduk yang menjual beberapa sayuran dan buah-buhan seperti petai, wortel, durian, nangka jumbo dan masih banyak yang lainnya.

Seperti dijelaskan sebelumnya, agrowisata Bhakti Alam menyediakan perkebunan buah dengan berbagai ragam tanaman. Di sini, tersedia sekitar 40 macam buah seperti durian, kelengkeng pingpong, mangga, jeruk, golden melon, semangka, buah naga, alpukat, apel, strawberry, hingga salak pondoh, yang sebagian di antaranya bisa dinikmati secara gratis.

Selain itu, pengelola tempat wisata ini juga sudah menyediakan fasilitas camping ground dan sarana outbound seperti kendaraan ATV, flying fox, titian tali, dan kolam renang. Di samping itu, di Bhakti Alam, pengunjung juga bisa melihat peternakan sapi perah dan pengolahan susu sapi segar menjadi produk susu pasteurisasi.

Susu, yogurt, dan Buah di Bhakti Alam Pasuruan

Ditempat ini disediakan stand untuk menjajakan produk dari hasil perkebunannya, Jadi semua pengunjung, jika berminat bisa membeli susu dan yogurt. Oiya, di depan tempat penjualan tersebut, terdapat dua sapi yang gemuk dan lucu. Anda dan keluarga bisa berfoto bersama sapi-sapi tersebut.

Setelah membeli susu dan yogurt, melanjutkan perjalanan mengelilingi kebun buah. Di tempat tersebut, pengunjung bisa membeli berbagai buah hasil perkebunan di agrowisata Bhakti Alam. Anda bisa menemukan buah, seperti duren, mangga, sawo, belimbing, apel, bahkan petai.


Tempat makan di Bhakti Alam Pasuruan

Apakah di sana ada restoran atau tempat makan? Jangan khawatir! Habis lelah berkeliling di kebun buah, Anda bisa langsung menuju rumah makan yang ada di sana. Meskipun di sana hanya ada satu rumah makan, namun, menunya cukup lengkap. Di antaranya: sate, nasi goreng jawa, ayam penyet, mie goreng, gado-gado, rawon, gorengan, hot dog, somay, batagor, dan masih banyak lagi. Harganya juga tidak terlalu mahal. Harga menu makanan di sana mulai dari 5 ribu sampai 40 ribu. Oiya, jika Anda sudah tiba di rumah makan, jangan lupa untuk menukarkan kupon dengan susu gratis :)

Penginapan di Bhakti Alam Pasuruan

Bagi pengunjung yang datang dari luar kota tidak perlu repot mencari hotel untuk menginap. Di wisata alam Bhakti Alam terdapat resort penginapan, yang setiap resortnya terdapat 1-2 kamar. Untuk rate harganya juga cukup terjangkau. Rata-rata penginapan di Bhakti Alam berkisar Rp 500 ribu Rp 900.000. Jadi, Anda dan keluarga bisa menginap dengan udara yang sejuk dan pemandangan pohon buah yang segar.

Parkir di Bhakti Alam Pasuruan

Jangan khawatir soal parkiran. Fasilitas parkir di sana cukup luas dan aman. Untuk tarifnya sebenarnya tidak dipungut biaya. Namun, di sana terdapat juru parkir yang mengatur mobil ingin keluar atau masuk. Jadi, Anda bisa memberikan tarif seiklhasnya dan sepantasnya Waktu itu, kami memberikan kepada juru parkir sebesar 5 ribu rupiah.

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close