Home / Destinasi / Budug Asu Keindahan Alam Yang Tersembunyi Di Malang

Budug Asu Keindahan Alam Yang Tersembunyi Di Malang

Mungkin banyak yang belum tau tentang Budug Asu yang terletak di desa Wonosari, Lawang ini. baru- baru ini di boomingkan dengan wisata cafe pujon ataupun spot foto coban rais di kota batu , nah kali ini satu lagi spot baru yang wajib di kunjungi karena memiliki keindahan yang sangat menggoda. Apalagi yang memiliki hobi photografi ataupun yang suka selfie . yang tak lain dan tidak bukan adalah bukit budug asu, Nama tersebut memiliki legenda serta keindahan panorama alam yang gak kalah keren dengan yang sudah booming terlebih dulu.

lalu kenapa di sebut dengan budug asu tempat cantik tersebut ?

” Dalam bahasa jawa Asu berarti anjing sedangkan budug berarti penyakit kulit yang menular.

Semua nama itu berawal dari sebuah kisah pada saat jaman penjajahan belanda dulu , dahulu terdapat sebuah perkampungan di area bukit tersebut namun semua di bawah kendali penjajahan belanda. Nah salah satu penjajah tersebut memiliki seekor anjing yang sangat besar dan sangat di sayangi oleh majikannya , namun tak lama kemudian anjing tersebut menderita penyakit budug atau gatal di kulit dan sangat berbahaya serta menular hingga akhirnya anjing tersebut meninggal karena penyakit yang di deritanya , lalu sang majikan menguburnya di atas bukit tersebut hingga akhirnya bukit itu mendapat julukan sebagai bukit budug asu. ”

Tapi menurut info yang saya dapat rencana nama budug asu akan di ganti dengan bukit cinta yang namanya sesuai dengan keindahan panorama alam yang akan disuguhkan disini.

Lokasi wisata Bukit Budug asu Malang

Untuk lokasi wisatanya sendiri berada pada sekitaran Agrowisata Kebun Teh Lawang, lebih tepatnya pada desa Toyomerto, Singosari, Malang.

Jika kamu datang dari luar kota Malang, agar lebih mudah sebaiknya kamu berkunjung ke Agrowisata Kebun Teh Lawang saja yang memang sudah dikenal banyak orang.

Meskipun petunjuk arah di Google Maps sudah ada, akan semakin bagus jika kamu bertanya langsung ke penduduk sekitaran kecamatan Singosari.

Selain sering disebut sebagai Bukit Budukasu Malang, lokasi ini juga sering disebut sebagai bodog asu/ bodok asu, jadi pada saat bertanya kamu bisa menggunakan beberapa penyebutan tersebut.

Keindahan wisata Bukit Budug asu Singosari

Sebelumnya tidak banyak orang yang datang kelokasi wisata Malang terbaru ini, tidak seperti sekarang ini yang hampir setiap hari selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Para penghobi offroad dan crosser adalah kelompok yang biasa menggunakan daerah ini sebagai tempat untuk menyalurkan hobi, lebih tepatnya sebagai jalur mendaki gunung Arjuno.

Kondisi inilah yang kahirnya membuat masyarakat setempat menjadikan ini sebagai lokasi wisata yang kini dikenal sebagai Bukit Budukasu Malang.

Upaya ini mereka realisasikan dengan membuat beberapa fasilitas yang lebih instagram able dan disukai para wisatawan, salah satunya adalah gardu pandang yang menjadi spot favorit selfie ini.

Namun pesona yang ditawarkan oleh Bukit Budugasu Toyomerto ini tidak hanya sebatas itu saja.

Disini kamu akan menjumpai sebuah pemandangan alam yang masih sangat asri dengan hamparan tanam hijau, termasuk view Agrowisata perkebunan teh Lawang.

Selain itu ada juga hamparan perbukitan bukit arjuna yang siap melenkapi baground cantik dalam foto kamu.

Lokasi wisata Bukit Budugasu Malang ini sendiri berada pada sebuah dataran tinggi dengan ketinggian mencapai 2000 mdpl, jadi sangat wajar jika suhu udara yang ada disekitar lokasi cenderung sejuk.

Oh ya, disini kamu juga bisa membawa tenda lho, dijamin bermalam disini akan menjadi kenang-kenangan yang tidak akan terlupakan.

Fasilitas Bukit Budugasu Malang

Untuk seukuran wisata baru, bisa dibilang lokasi ini memiliki fasilita yang cukup lengkap dimulai dari lahan parkir, jalan untuk melakukan tracking meskipun lumayan sulit, toilet, gardu pandang, dan juga warung sekedar untuk jajan atau beli minuman.

Jalan menuju Bukit Budug asu Malang

Jalan menuju lokasi wisata bisa kita tempuh dari kota Malang untuk menuju Lawang yang menjadi lokasi agrowisata kebun teh seperti yang sudah kami sebutkan.

Jalan ini bisa dibilang jauh lebih mudah dibandingkan lainnya, bahkan kita bisa menggunakan sepedah motor, namun hati-hati, jalan yang kita lalui sangat licin dan penuh tantangan.

Sedangkan untuk jalur lain kita bisa mengunakan jalur yang ada di desa Klampok kecamatan Singosari.

Namun ini tidak kami rekomendasikan karena jalur yang harus dilalui jauhlebih sulit dari pada jalur diatas. Bahkan tidak banyak wisatawan lokal yang menggnakan jalur ini.

Untuk sampai kesini kita harus melakukan perjalanan yang cukup panjang dan lama, yaitu sekitaran 2 jam lebih 45 menitan.

Sedangkan untuk turunnya sendiri akan jauh lebih cepat karena memang jalanya jauh lebih landai, namun tetap harus waspada mengingat jalur Bukit Budukasu Malang sangat menantang.

comments

Powered by Facebook Comments

About bromokita

PAKET WISATA BROMO, Tour Gunung Bromo Murah, Bromo kita Tour Travel adalah biro wisata tour travel spesialis wisata bromo, batu, malang, kawah ijen, pendakian gunung semeru dan liburan ke banyuwangi.Kami menawarkan paket wisata exclusive sesuai dengan permintaan Anda. Wisata Gunung Bromo , kota wisata batu malang dan ataupun liburan ke banyuwangi menjadi salah satu tujuan destinasi wisata utama saat Anda ingin berlibur dan melepas penat dari segala macam rutinitas penuh stress dan melelahkan sehari-hari Anda. kami menawarkan berbagai paket wisata murah dan berkualitas untuk menikmati wisata Bromo dan wisata batu malang, serta berbagai pilihan wisata Jawa Timur dengan maksimal. Bromokitatour, Kami melayani dengan sepenuh hati untuk setiap kebutuhan Anda

Check Also

Museum Angkut Movie Star Studio Batu Malang

Dari tahun ke tahun, Kota Wisata Batu semakin memperkenalkan dirinya di dunia pariwisata baik di …

Leave a Reply

Your email address will not be published.


%d bloggers like this: