Destinasi

Mengenal Legenda Panji di museum panji malang

Panji sendiri merupakan tokoh dari Malang yang hidup pada masa Kesultanan Mataram. Panji adalah tokoh yang gencar dalam melakukan penyatuan pulau Jawa antara tahun 1600, saat itu Kesultanan Mataram sedang dipimpin oleh Sultan Agung.

Yayasan Inggil Malang sebagai pendiri menyiapkan museum ini untuk mendukung usulan Cerita Panji dan Topeng Malangan. Cerita itu merupakan warisan peninggalan dan budaya dunia yang akan ditunjukan kepada United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Museum tersebut dibangun Dwi Cahyono di atas lahannya sendiri seluas tiga hektare. Pri yang juga anggota Asosiasi Museum Indonesia (Amida) itu menjelaskan, dipilihnya nama Panji dinilai sangat cocok. Panji sangat khas dengan budaya lokal Malang. Terlebih, namanya telah menjadi legenda atau cerita rakyat di Kabupaten Malang.

Lokasi Museum panji

Lokasi Museum Panji ini berada di Desa Slamet, Kecamatan Tumpang, Kabupaten malang.

Untuk berkunjung ke Museum Panji ini, dari arah Kelurahan Kedungkandang, Kota Malang, Anda bisa melewati Desa Banjarejo, Kecamatan Pakis. Desa tersebut berbatasan langsung dengan Desa Slamet, di mana Museum Panji berada. Dari tapal batas kedua desa, silakan ke arah barat sejauh 300 meter, setelah ada pertigaan belok kanan menuju Ponpes Az Zainy, Tumpang yang hanya berjarak 50 meter dari bangunan museum, atau jika temen-temen traveller bingung bisa dengan mudah menggunakan google maps 🙂

Keunikan Museum Panji

Dalam museum tersebut ada empat panggung yang masing-masing panggung juga akan menampilkan kebudayaan Jawa Timur. Mulai dari budaya Kerajaan Singosari hingga Kerajaan Majapahit. Rencananya, ada aksi panggung di dalam air sebagai salah satu pertunjukan andalan.

Tiket Masuk Museum Panji

Untuk masuk ke Museum Panji malang ini dipungut biaya Rp. 20.000,- per orang, cukup murah bukan ?
sedangkan Museum Panji ini dibuka mulai pukul 09.00 s/d 17.00 WIB

Nah, bagaimana teman-teman, Tertarik untuk Mengenal Legenda ‘Panji’ di museum panji malang

Btw, ayo ajak kerabat dan atau kekasihmu berkunjung ke Museum panji malang

See you there travelers.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close