Wisata Malang

Pantai Balekambang Malang, Panorama Tanah Lot-nya Jawa Timur

Pantai Balekambang Malang, Panorama Tanah Lot-nya Jawa Timur ini sudah menjadi salah satu tempat wisata unggulan di daerah Malang setelah Gunung Bromo serta Pulau Sempu. Keunikannya yang mirip dengan Tanah Lot, membuat banyak orang penasaran serta terperangah saat datang, karena memang amat-benar serupa.

Pantai Balekambang menjadi wisata favorit dan paling populer di Malang karena memiliki pemandangan pantai yang sangat menawan. Pantai ini memiliki ombak yang cukup hening, sebab mempunyai pasir dan karang yang landai. Sehingga cukup aman digunakan bermain-main air di pinggiran pantainya. Namun, harap diperhatikan pula batas amannya (terdapat tanda zona aman). Batuan karang di pantai ini membentang sepanjang 2 km dengan lebar 200 m ke arah laut sehingga ketika air laut sedang surut, akan terlihat batuan-batuan karang yang menonjol, serta Anda pun bisa memperhatikan ikan-ikan kecil yang cantik dan lucu terperangkap diantara karang-karang laut. Selain itu, saat sore hari Anda juga bisa memandang panorama Sunset yang paling menawan.

Sekilas, Pantai Balekambang mirip seperti di Tanah Lot, Bali. Kedua pantai tersebut sama-sama memiliki pulau yang terletak di lepas pantai serta sama-sama memiliki suatu Pura megah yang berdiri di atasnya. Bedanya, di Pantai Balekambang terdapat 3 Pulau, yaitu Pulau Ismoyo, Pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni. Pura yang didirikan di pantai ini bernama Pura Luhur Amertha Jati atau Pura Amarta Jati yang berlokasi di Pulau Ismoyo. Letak pulau ini sekitar 70 m dari bibir pantai, sehingga dibangun suatu jembatan dengan lebar 1,5 m untuk jalan menuju ke Pura.

Anak-anak pasti sangat menyukainya. Sambil bercengkrama bersama keluarga, anda dapat menyantap sajian bekal yang telah dibawa sambil menikmati deburan ombak yang tak terlalu besar, hati terasa damai dan tenteram. Pantai Balekambang Malang memang menawarkan pesona yang paling menarik.

Dari lepas pantai, kalian dapat melihat tiga pulau berderet ke arah barat yang juga tak kalah mengesankan. Nama pulau tersebut merupakan Wisanggeni, Ismoyo dan Anoman. Ada hal unik yang patut untuk kalian ketahui, di Pulau Ismoyo terdapat pura yang bernama Amerta Jati, untuk datang kesana, terdapat sebuah jembatan dengan panjang 100 meter dari bibir pantai yang dapat menjadi penghubung.

Pura ini dipengaruhi candi zaman kerajaan Majapahit yang biasa ditemukan di Malang. Jika anda berharap datang untuk memperhatikan upacara keagaamaan agama disana, kalian dapat ke Pantai Balekambang Malang ketika para warga mengadakan upacara Jelanidha Puja serta Suroan.

Saat bulan Suro, banyak traveller lokal ataupun internasional yang berkunjung ke Pantai Balekambang Malang. Tapi jika anda tak sempat datang saat bulan Suro, tidak apa-apa, sebab masih banyak beberapa hal menarik disana. Sama seperti Tanah Lot yang terkenal akan pemandangan matahari terbenamnya, objek liburan pantai ini juga mempunyai kecantikan sunset yang tiada tara. Pemandangannya semakin spektakuler saat sang surya mulai tenggelam, menyajikan langit senja kuning keemasan yang dihiasi siluet pura. Sungguh paling mengagumkan. Rasanya seperti sedang ada di Bali.

 

Saat Hari Raya Nyepi, umat Agama Hindu banyak yang datang ke Pura Amarta Jati untuk beribadah serta menggelar ritual keagamaan Hindu. Sedangkan pada bulan Suro atau Sura (nama bulan pada kalender Jawa) yang bertepatan dengan Bulan Hijriyah, di Pantai Balekambang diadakan Upacara Suroan dan Upacara Jalanidhi Puja. Sehingga menarik banyak wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang ke Pantai Balekambang ini.

Panorama sunset di pantai Balekambang

Panorama sunrise di pantai Balekambang

Fasilitas Pantai balekambang malang

Meskipun terletak jauh dari Kota Malang dan bisa dikatakan daerah terpencil, namun untuk urusan fasilitas di Pantai Balekambang ini terbilang lengkap. Di sini banyak terdapat Warung penjual Makanan, Restoran, serta Toko Oleh-Oleh. Terdapat juga Mushola, Toilet umum, Kantor Informasi, Parkiran yang luas, Pendopo, Bungalow, Camping ground serta bahkan Tempat Penginapan.

Untuk sarana hiburan tambahan, di pantai ini terdapat Flying Fox, Persewaan ATV, dan beberapa permainan untuk anak-anak seperti ayunan dan patung-patung binatang.

Lokasi Pantai balekambang Malang

Paket Wisata Bromo Malang Populer :

+62822 644 777 93 +62856 557 444 01
Tags