Wisata Malang

Pantai Clungup Malang, Surga Tersembunyi di Kota Malang

Pantai Clungup Malang – Kabupaten Malang memang paling tenar dengan potensi liburan alamnya. Bukti dari itu adalah terdapatnya tempat-tempat yang menakjubkan untuk dikunjungi. Para travellers masa kini pun berdatangan ke Malang terutama untuk pendakian gunung. Berbicara tentang liburan, kini daerah Malang Selatan merupakan tempat yang diincar juga para fotografer maupun penikmat alam. Nah, pada kesempatan kali ini, akan membahas tentang liburan alam yang masih perawan dan belum banyak terjamah oleh manusia. Yaitu, Pantai Clungup yang letaknya di Kabupaten Malang bagian Selatan.

Pantai Clungup adalah sebuah aset wisata yang masih paling alami. Pasalnya, belum banyak yang mengenal keberadaannya. Tetapi dengan tekhnologi canggih ketika ini, banyak orang yang sudah mengupload video ataupun foto mereka di media sosial seperti youtube, Instagram serta lain sebagainya. Sehingga memudahkan para penyuka keindahan berdatangan ke wilayahnya. Tetapi dilihat dari sisi negatifnya, sebab adanya media sosial juga menjadikan daerah semakin ramai serta pasti ada pelancong yang tidak bertanggung jawab serta suka meninggalkan sampah.

Pantai yang berada di pesisir Selatan Kabupaten Malang ini paling menawan dengan pasirnya yang lembut. Selain itu, pantai Clungup ini juga berdekatan dengan tempat Pantai 3 Warna yang familiar di daerah Malang. Baiklah, kalau Anda penasaran tentang tempat Pantai Clungup dan apa saja keindahannya, mari simak ulasan berikut ini.

Lokasi Pantai Clungup Malang

Lokasi pantai Clungup ini memang berlokasi jauh dari perkotaan, yaitu sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Malang. Alamat Pantai Clungup Malang ini tepatnya berada di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang Selatan, Jawa Timur. Keberadaan pantai ini memang lumayan tersembunyi, dikarenakan Pantai Clungup berada di balik bukit atau perkebunan warga desa setempat.

Jika Anda berkunjung ke pantai yang menawan ini, Anda bisa mengakses menggunakan mobil kendaraan maupun bermotor. Akan melainkan mengingat jalan akses masuk ke pantainya melewati perkebunan, disarankan membawa sepeda motor saja supaya lebih fleksibel serta bisa masuk ke pemukiman warga yang dekat dengan pantai ini. Jika menggunakan mobil mobil, Anda seharusnya parkir di tepi jalan masuk serta berjalan kaki sekitar 1 km.

Rute menuju pantai cantik ini Anda hanya membutuh masa sekitar 2 jam menuju zonanya dari pusat Kota Malang. Jika Anda berkendara menggunakan kendaraan bermotor, Anda bisa menuju arah jalur ke Pantai Sendang Biru yang memang telah ramai oleh pengunjung. Berada di perjalanan menuju pantai ini Anda akan mendapati papan nama petunjuk arah ke Pantai Clungup. Setelah itu Anda menuju saja ke Desa Sitiarjo, setelah mencapai desa tersebut nanti Anda akan mendapati pertigaan tugu. Dari pertigaan tersebut Anda ambillah arah ke kiri untuk menuju lokasi Pantai Clungup tersebut.

silahkan mengikuti petunjuk papan nama tersebut hingga Anda menemukan pintu masuk yang menunjukkan pantai Clungup ini berada. Dari sini, Anda bisa melewati jalan bergelombang serta masih belum berasapal. Mengingat akses perjalanannya cukup sulit, Anda diharuskan selalu berhati-hati serta menggunakan safety riding.

Nah, selanjutnya Anda memarkirkan mobil di sebuah area yang disediakan oleh warga setempat. Perjalanan selanjutnya Anda harus berjalan kaki sekitar 300 meter dengan medan yang cukup sulit. Menuruni bukit perkebunan warga dengan trek berkarakteristik tanah tentu akan bertambah Susana berpetualang Anda semakin seru. Setelah melewati jalan setapak dan turun dari bukit ini Anda sudah dapat mengamati panorama menawan pantai Clungup yang sangat eksotis. Mengingat perjalanannya yang lumayan sulit, disarankan Anda membawa sandal atau sepatu outdoor untuk mempermudah menapaki jejak menuju tempat menawan ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Clungup Serta Keindahannya

Instagram by @mbakprita

Setelah Anda sampai ke area parkir tersebut, Anda hanya perlu membayar biaya yang sangat murah untuk menikmati pantai ini dengan segala keindahannya. Tiket harga masuk ke Pantai Clungup hanya sebesar Rp.6000 per orangnya, serta membayar parkir cukup Rp.3000 per kendaraan. Dengan harga sedemikian murah tentu tidak akan menguras kantong Anda dalam-dalam. Terlebih pemandangan yang disuguhkan akan membuat siapa saja yang mengunjungi takjub akan panorama pantai satu ini.

Pantai Clungup di Malang memang terbilang masih perawan, mengapa demikian? Sebab pantai satu ini masih jarang orang mengetahuinya karena keberadaannya di balik bukit, serta dikelilingi oleh perkebunan warga sekitar Desa Sitiarjo. Dengan begitu, tidak jarang orang mengunjungi lokasi pantai satu ini karena medan yang dilewatinya juga cukup sulit. Namun hal demikian tidak berpengaruh bagi Anda seorang travellers sejati. Hal demikian justru membuat semakin penasaran dan tempat incaran para penikmat alam yang sesungguhnya.

Setelah Anda sampai di bibir Pantai Clungup ini, semua rasa lelah dan resah pasti terbayarkan semuanya dengan panorama keindahannya. Terlihat burung-burung berterbangan dengan ceria, air lautnya berwarna biru jernih serta pasirnya yang putih dan cukup luas ini akan membuat Anda semakin menikmatinya. Selain itu, pemandangan di seberang pantai adalah batu-batuan karang yang berdiri kokoh membentuk seperti pulau yang terdampar di laut.

Menikmati keindahan pantai yang masih alami dan bersih ini pasti adalah suatu hal dambaan bagi pecinta alam sesungguhnya. Betapa tidak? Tempat nan indah dengan pemandangan menakjubkan pula akan disuguhkan oleh Pantai Clungup. Selain itu, pasir putihnya yang cukup luas bisa Anda gunakan untuk melakukan berbagai aktivitas outdoor lainnya seperti bersantai ria di atas laybag sembari membaca buku, bermain volley pantai dan lain sebagainya. Hal tersebut tentu akan menambah nikmat berwisata di Pantai Clungup dengan kesunyiannya.

Melihat potensi pantainya yang masih alami ini tentu akan sangat disayangkan jika kedatangan para perusak alam. Maka dari itu, tanamkanlah pada diri Anda masing-masing untuk selalu mencintai alam dengan tidak membuang sampah sembarangan di manapun tempatnya.

Nah, pantai Clungup ini memang mempunyai dua sisi pantai. Jika Anda menyusuri bagian cekungan bibir pantai, Anda akan mendapati sisi Pantai Clungup yang lain dengan keindahannya. Akan tetapi berada di sisi sebelah timur pantai ini lumayan sedikit kotor. Bukan kotor karena sampah, akan tetapi penyebabnya adalah daun daun yang berguguran dan jatuh di area tepi pantai. Mendirikan tenda di area pantai Clungup adalah ide cemerlang bagi Anda penikmat senja. Pasalnya, dengan luas pasir dan kelembutannya akan sangat cocok bagi Anda untuk camping ceria di area ini. Sembari bercengkrama dengan alam langsung tentu akan membuat Anda lebih mensyukuri keindahaan alam ciptaan Tuhan.

Instagram by @citra_aliya

Selain Pantai Clungup, masih banyak lagi destinasi wisata pantai di Malang yang dapat Anda kunjungi pula. Seperti halnya Pantai Lenggoksono, Banyu Anjlok dan masih banyak lagi. Jika Anda ingin menikmati suasana berbeda, Anda bisa berwisata alam bertajuk air terjun di Malang. Anda bisa mengunjungi Air Terjun Coban Talun maupun Waduk Selorejo jika Anda ingin berwisata bersama keluarga tercinta Anda. Demikianlah yang dapat dibahas mengenai Lokasi Pantai Clungup Malang, jangan lupa kunjungi pantai ini bersama para sahabat Anda untuk merasakan nikmatnya pantai yang masih alami dan asri. Sekian terimakasih.

Paket Wisata Bromo Malang Populer :

+62822 644 777 93 +62856 557 444 01
Tags