Destinasi

Pantai Goa Cina Malang, Wisata Menawan dengan view yang Eksotis

Pantai Goa Cina Malang, Masih dengan bahasan tentang Tempat Wisata Malang berupa pantai, pantai yang memiliki banyak karang, Perpaduan karang dan pasir inilah membuat pantai ini tampak eksotis di mata para pengunjungnya. Sayangnya pantai ini masih belum di lirik oleh pemerintahan untuk menjadikannya kawasan wisata pantai yang menjanjikan. Pantai ini masih jarang di kunjungi oleh para wisatawan, jadi pantai ini masih murni dengan air laut yang membiru dan ombak yang saling berkejaran. Sayang jika Kamu lewatkan.

 

Salah satu keunikan dipantai ini adalah keindahan ombak liar khas pantai-pantai yang menghadap langsung ke Samudera Hindia. Namun ada hal yang istimewa disalah satu pantai malang selatan ini, meski berada dibagian selatan pulau Jawa, dari pantai ini kita bisa menikmati sunrise. Wow..!! Asyik nih bagi yang suka pesta barbeque di pantai sampai pagi, hehehe…

Selain popular dengan misteri goa fenomenal dan keindahan sunrise dipagi hari, salah satu tempat wisata di Malang selatan ini juga menyajikan fenomena alam yang langka, yakni adanya gelombang air laut bersimpangan tidak keruan dari tiga arah, yakni arah selatan, timur dan arah barat. Arus gelombang itu bertabrakan diantara Pulau Bantengan dan Pulau Nyonya. Dikarenakan arus gelombang demikian kuat, hal tersebut memunculkan suara bergemuruh yang sangat kencang. Inilah salah satu fenomena alam yang cukup langka di pantai Malang Selatan.

Selain itu karena besarnya ombak, maka tidak ada satupun perahu nelayan yang berani bersandar dipantai. Kawasan Pantai Goa China hanyalah menjadi jalur lalu lintas para nelayan dari segala penjuru menuju Pantai Sendangbiru.

Sebenarnya area Pantai Goa China tidak begitu luas, namun dengan adanya tiga pulau yang berada ditengah-tengah pantai membuat pandangan lebih indah. Tiga pulau tersebut adalah Pulau Bantengan, Pulau Goa Cina dan Pulau Nyonya. Dan dipinggir pantai terlihat cukup asri, pohon-pohon berbagai jenis tampak berjajar rapi di area pinggir pantai. Pohon-pohon ini cukup meneduhkan pengunjung, apalagi dibibir pantai yang cukup jernih hingga kelihatan batu karangnya.

Posisi goa cina terletak disebelah kanan pantai dengan jarak sekitar 50 meter serta berada dibukit karang. Goa cina tersebut sebenarnya tidak begitu bagus, bentuknya seperti rongga biasa yang menjorok sekitar 8 meter dengan ketinggian sekitar 2 meter. Ruangan didalamnya juga cukup lebar, bisa untuk 2 orang berjalan beriringan. Meski namanya goa, tapi tidak terlihat batu-batu stalaktit atau stalakmit yang menjadi ciri khas sebuah goa. Jadi, goa ini lebih tepat disebut sebagai rongga yang ada didalam karang. Meski begitu, goa terlihat memiliki nilai magis yang kuat. Hmm.. Penasaran??

Walaupun tempat ini begitu kecil dan tersembunyi, mungkin karena kurangnya sosialisasi terhadap masyarakat, namun berbagai fasilitas terdapat dipantai goa cina misalnya warung makan, musholla, masjid, kamar mandi, dan tempat parkir akan membuat liburan Anda terasa menyenangkan.

Rute Ke Pantai Goa Cina Malang

Jika kita akan pergi ke pantai goa cina, maka anda bisa menempuh dari Pantai Bajulmati, Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan menuju Pantai Goa Cina dengan hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit saja karena kedua pantai hanya berjarak tidak lebih dari 7 km. Aksesnya sangat mudah jika melewati jalur lingkar selatan dengan aspal mulus. Dan tempat wisata di Malang selatan ini tidak terlalu sulit untuk ditemukan karena terdapat petunjuk arah serta rambu yang akan memandu pengunjung untuk menuju lokasi wisata malang ini, tetapi Anda harus tetap berhati-hati karena jalannya berkelok-kelok dan berada disisi jurang.

Sebelum memasuki pantai Goa Cina kita akan melewati jembatan Bajulmati yang berada diatas muara laut tersebut. Jarak sekitar satu kilometer ke arah timur dari jembatan, terdapat pintu masuk menuju Pantai Goa China. Sayang, akses dari jalan utama menuju wisata pantai Malang selatan ini agak susah, sekitar 500 meter jalan rusak parah. Jalannya sebenarnya cukup lebar, namun karena jalan dari tanah tidak rata dan banyaknya bebatuan kapur. Apalagi ketika tergenang hujan, jalan cukup lembek dan licin.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close