Destinasi

Pesona Pantai Bajul Mati Malang Selatan

Pantai Banjulmati sebenarnya bukanlah pantai baru meski kenyataanya pantai ini relatif masih sepi, pantai ini tepatnya berada di desa Bajulmati, kelurahan Gajah Rejo, kecamatan Gedangan. Pantai Bajulmati memiliki keistimewaan yakni ia memiliki teluk-teluk yang indah. Selain itu pantai Bajulmati terkenal unik seperti dari namanya Bajul mati yang berarti biawak mati, di pantai ini anda dapat melihat gugusan bukit diseberang pantai yang seperti Bajulmati. Tempat ini juga cocok untuk kegiatan camping.

Tentang Pantai Bajul Mati

Disebut sebagai pantai Bajul Mati karena sekitar tahun 1980-an, terdapat seekor buaya, atau yang dalam bahasa Jawa disebut dengan bajul yang mati, selain itu pada malam hari batu karang yang terdapat di pantai ini nampak seperti buaya yang tersapu ombak. Di pantai ini juga terdapat teluk yang indah yang menjadi daya tarik lainnya. Sejumlah batu karang berukuran besar hingga nampak seperti pulau kecil turut menghiasi pantai. Karena lokasinya yang berada di tengah-tengah laut sehingga pulau-pulau ini nampak menyembul dari dalam laut.

Pantai bajul mati ini salah satu pantai di Malang yang memiliki ombak cukup besar, dalam dan curam sehingga wisatawan tidak diperkenankan berenang di pantai ini.

Pemandangan Pantai Bajulmati Malang
 

Kabupaten Malang Jawa Timur memang diberi anugerah oleh Tuhan dengan potensi alamnya yang subur. Sehingga di daerah ini pun terdapat tempat wisata alam seperti air terjun, pegunungan, serta deretan pantai. Nah, pantai Bajul Mati inilah yang menjadikan aset wisata pantai di Malang semakin ramai. Sebab memang kecantikan pantai ini menarik perhatian para penikmatnya untuk berkunjung dan menyusuri keindahannya.

Akan tetapi Pantai Bajul Mati ini bukanlah pantai terbaru, pada tahun 1890 lokasi pantai ini sudah ditemukan. Dalam Bahasa Indonesia, Bajul bisa diartikan sebagai buaya dan kata Mati adalah sebuah makna sudah tidak hidup lagi. Sejarah Pantai Bajul Mati Malang Jatim ini memang kerap dikaitkan dengan mitos yang beredar di masyarakat tentang adanya buaya pada masa lalu ditempat ini. Menurut cerita, saat pertama kali ditemukan pantai ini, seseorang mendapati adanya buaya yang mati di lokasi ini dan dinamai Bajul Mati atau artinya adalah buaya mati.

Misteri Pantai Bajul Mati ini juga ada yang mengatakan bahwa pada zaman dahulu penguasa laut selatan yakni Nyai Roro Kidul bertarung dengan dua ekor buaya putih, yang pada akhirnya dua ekor buaya putih tersebut mati di pantai ini. Selain itu, bisa dikatakan Bajul juga terdapat gugusan bukit di sisi pantai jika dilihat dari sebelah Timur akan terlihat mirip seperti buaya. Hal inilah yang bisa Anda buktikan ketika berkunjung ke pantai ini. Entah benar atau tidaknya, mitos tersebut sudah santer terdengar dari masyarakat setempat. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir untuk mengunjungi pantai ini, di balik namanya yang sedikit menyeramkan, namun tidak pada pemandangannya yang cantik dan eksotis.

Lokasi dan Rute Pantai Bajul Mati Malang

Lokasi Pantai Bajul Mati cukup mudah ditemukan, sebab lokasinya strategis dan tidak terlalu jauh dari jalan beraspal. Tepatnya alamat Pantai Bajul Mati ini terletak di Desa Gajah Rejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Atau kurang lebih jaraknya dari pusat Kota Malang adalah 58 Km dengan jarak tempuh sekitar 3 jam saja. Begitu juga dengan rute menuju pantai ini cukup mudah, dan tidak sesulit menuju pantai Clungup.

Untuk menuju pantai ini, dari Malang Anda bisa menuju ke arah Turen serta berbelok ke selatan menuju Rute Pantai Bajul Mati, jika Anda berangkat dari Kota Malang, Anda bisa mengambil jurusan Turen. Setelah itu Anda ambil arah jurusan ke Sumbermanjing Wetan. Sesampainya di Sumbermanjing Wetan, Anda bisa ambil arah lurus saja menuju Pantai Sendang Biru yang memang dekat dengan Pantai Goa Cina. Setelah itu, barulah Anda menuju ke Desa Gajah Rejo yang merupakan lokasi pantai ini berada. Setelah menjumpai pertigaan serta plang petunjuk arah, Anda bisa mengambil ke arah menuju Pantai Bajul Mati ini. Nah, pastikan Anda safety riding jika menggunakan sepeda motor, sebab medan jalannya pun berkelok-kelok karena melewati pegunungan. Maka dari itu Anda harus ekstra berhati-hati dalam berkendara.

Ketika Anda hendak masuk ke lokasi pantai ini, Anda akan mendapati sebuah jembatan dengan panjang sekitar 90 meter. Berada di jembatan ini, Anda bisa menyeberanginya dengan perlahan sembari menikmati alam disekitarnya. Jembatan ini menyambung dengan gaya artistic menarik, bahkan tidak heran jika wisatawan yang hendak mengunjungi Pantai Bajul Mati ini berhenti sejenak untuk berfoto-foto ria karena spotnya pun juga sangat bagus. Perbukitan akan terlihat indah viewnya dari sini, selain itu sungai yang ada dibawahnya pun menjadi daya Tarik tersendiri untuk dijadikan background spot berfoto.

Harga Tiket Masuk Pantai Bajul Mati

Setelah Anda berkendara melewati jembatan yang melintang di ruas Jalan lintas Selatan Pulau Jawa ini, Anda akan mendapati sebuah gerbang untuk membayar tiket masuk ke pantai yang sangat indah ini. Biayanya pun tidak akan menguras kantong Anda. per orangnya hanya dikenakan biaya Rp.4000 saja, dengan tambahan biaya parkir Rp.3000 perkendaraan. Cukup murah bukan? Dengan harga terjangkau, Anda sudah bisa menikmati keindahan pantai ini.

Pantai Bajul Mati masih bernuansa sangat alami, sebab pantai ini terjaga dengan baik akan kebersihan pantainya. Selain itu, fasilitas yang melengkapi pantai ini sudah cukup memadahi. Terdapat mushola untuk Anda beribadah, Toilet, Kamar Mandi ganti, serta area parkir yang luas. Membawa anak-anak di pantai ini juga ide yang cemerlang, pasalnya di sini juga memfasilitasi wahana anak-anak seperti kolam renang, waterboom anak, dan lain sebagainya. Tentu sebagai orang tua akan merasa aman jika berwisata di sini.

Pantai Bajul Mati memang terkenal dengan garis pantainya yang panjang, selain itu juga luas pasirnya bisa pengunjung gunakan untuk berbagai aktivitas outdoor. Seperti bermain sepak bola, volley pantai, maupun bersantai di laybag sembari menikmati keindahan gugusan bukit dan pantainya yang cantik akan menambah gairah liburan Anda.

Bahkan jika Anda mempunyai ide untuk mendirikan tenda di area pantai ini juga sangatlah cocok. Sebab area pantainya yang luas serta panoramanya nan indah akan membuat nuansa lebih menyenangkan. Untuk itu, jika Anda sedang berada di daerah Malang, akan sangat disayangkan jika tidak mengunjungi Pantai Bajul Mati ini. Selain indah, Anda juga bisa menghabiskan waktu sore hari Anda di gazebo yang telah disediakan untuk Anda menikmati kindahan pantai ini.

selain Pantai Bajul Mati, tentu masih banyak lagi tempat wisata di Malang yang murah dan harus Anda kunjungi. Seperti halnya Pantai Lenggoksono, harga tiket ke pantai tersebut hanya Rp.5000 saja per orangnya. jika Anda ingin menikmati keindahan bawah laut dengan snorkeling, dari Pantai Lenggoksono Anda bisa menyusuri laut menggunakan perahu nelayan dan menuju ke wisata Pantai Bolu Bolu. Snorkeling di Pantai Bolu Bolu pengunjung hanya dikenakan biaya Rp.30.000 saja untuk menyewa peralatan snorkel seperti google, pelampung dan sebagainya. Selain itu, menyelami kindahan laut juga bisa Anda lakukan di Sumber Sirah.

Demikian yang bisa diulas tentang Lokasi Pantai Bajul Mati. Dimanapun Anda berdestinasi wisata, akan lebih baik jika menjaga alam yang ada dan tidak merusaknya. Semoga bermanfaat.

Tags
Show More

Related Articles

Close