Wisata Malang

Tempat Wisata Gunung Bromo Terbaik Yang Harus DiKunjungi

Tempat Wisata Gunung Bromo Terbaik Yang Harus DiKunjungi – Gunung Bromo adalah salah satu gunung terindah dan terbaik di indonesia maupun di dunia, sehingga Gunung Bromo banyak menjadi Destinasi Wisata baik dalam negeri maupun luar negeri, untuk setiap harinya Wisata Gunung Bromo hampir tidak pernah sepi, statusnya yang masih aktif membuat Wisata Gunung Bromo menjadi lebih menarik di mata wisatawan. Wisata Gunung Bromo memiliki ketinggian 2.392 meter diatas permukaan laut dan memiliki bentuk tubuh bertautan diantara lembah dengan di kelilingi kaldera yang luasnya sekitar 5.300 hektar, sehingga membuat Wisata Gunung Bromo sangat mempesona bagi siapa saja yang datang untuk mengunjunginya. Lokasi Wisata Gunung Bromo terletak di provinsi jawa timur dengan meiputi 4 wilayah kabupaten yaitu wilayah kabupaten malang, lumajang, probolinggo dan pasuruan. Gunung Bromo termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ( TNBTS ), nama Gunung Bromo menurut tradisi sejarah suku yang tinggal di sekitar gunung bromo (Suku Tengger), Bromo berasal dari kata Brahma yang merupakan salah satu dari Dewa menurut keyakinan agama Hindu, hampir seluruh penduduk yang tinggal di daeran Gunung Bromo mayoritas berkeyakinan Agama Hindu.

Untuk menikmati pemandangan dari Gunung Bromo sendiri biasanya banyak para wisatawan akan menuju ke titik View Point terlebih dahulu, View Point merupakan sebuah tempat yang digunakan untuk melihat Sunrise dan keindahan Wisata Gunung Bromo dari ketinggian 2.780 meter diatas permukaan laut. Ada lima tempat yang bisa di gunakan untuk melihat pemandangan gunung Bromo melalui puncak bukit, diantaranya Pananjakan 1, Sruni Point, Bukit Cinta, Bukit KingKong dan Puncak B29. tetapi untuk Puncak B29 tempatnya agak jauh dari keempat view point yang lainya, dan tempat ini merupakan tempat yang baru dikembangkan untuk dijadikan view point.

Tempat-Tempat Wisata Gunung Bromo

1. Wisata Bukit Teletubbies Gunung Bromo

screenshot-from-2016-12-18-21-42-42

Bukit Teletubbies Gunung Bromo adalah sebuah bukit yang terletak di sebelah Gunung Bromo. Bukit ini dijuluki sebagai Bukit Teletubies karena sangat mirip seperti bukit di serial televisi anak-anak “Teletubbies”. Jika berkunjung ke bukit ini para wisatawan akan takjub karena keindahan Bukit Teletubbies, para wisatawan akan merasakan tenang dan damai dan dapat melepas penat karena rutinitas sehari-hari dirumah, sekolah, kuliah dan kerja.

Sebelum sampai ke bukit ini wisatawan harus melewati sebuah lautan pasir terlebih dahulu. Nah disini, lautan pasir akan membuat laju kendaraan menjadi lebih sulit. Namun bagi wisatawan yang menyukai tantangan adrenaline, berkunjung ke tempat wisata ini akan memberikan sensasi yang sangat menantang apalagi pada saat malam hari.

Bukit ini menawarkan pemandangan yang sangat indah. Ketika siang hari, bukit ini nampak cantik dengan dipenuhi dengan hamparan rumput yang hijau. Serta padang ilalang di kaki bukit membuat Bukit Teletubbies di Bromo ini semakin terlihat mempesona. Ketika pagi hari wisatawan dapat menyaksikan Sunrise yang sangat indah. Matahari yang perlahan  muncul dari balik bukit di sela sela awan yang berbaris membuat suasana sangat indah dan romantis. Tempat ini juga sangat cocok sekali untuk foto pra-wedding.

Bukit Teletubbies ini terletak di area yang sama dengan Gunung Bromo, tepatnya berada di Desa Cemoro Lawang, Kec. Sukapura, Kab. Probolinggo, Jawa Timur. Untuk sampai ke lokasi ini wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi baik sepeda motor maupun mobil. Para wisatawan juga bisa berkeliling di kawasan Bukit ini dengan menggunakan Kuda yang disediakan oleh warga Bromo.

2. Wisata Penanjakan Gunung Bromo

screenshot-from-2016-12-18-21-45-37

Penanjakan Gunung Bromo adalah salah satu spot sunrise di Wisata Bromo Tengger Semeru yang berada pada ketinggian 2.780 diatas permukaan laut, dari penanjakan ini para wisatawan dapat melihat serta menikmati matahari terbit, Paket Wisata ini dikenal dengan Paket Wisata Bromo Sunrise. Penanjakan ini tepatnya berada pada Wonokitri Kabupaten Pasuruan.

Penanjakan ini merupakan view point utama di kawasan Gunung Bromo karena tempat wisata ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan luar biasa, dari sini para wisatawan dapat melihat angsung Gunung Bromo, Gunung Batok, serta Gunung Semeru yang di setiap paginya mengeluarkan asap. Dengan hamparan lautan pasir yang luas tertutup kabut bersamaan dengan datangnya sinar matahari pagi.

Untuk sampai pada Penanjakan Gunung Bromo para wisatawan dapat menggunakan kendaraan Jeep Bromo yang dapat di sewa bersamaan dengan Paket Wisata Bromo dengan menghubungi langsung kepada pihak Bromokita Tour And Travel.

Untuk Rute Penanjakan Gunung Bromo jika dari Kabupaten Pasuruan maka kita dapat melewati Tosari dan Purwodadi. Jika dari Kabupaten Malang para wisatawan dapat melalui Tumpang.

3. Wisata Kawah Gunung Bromo

screenshot-from-2016-12-18-21-38-17

Tempat Wisata Kawah Gunung Bromo merupakan sebuah kawah dari Gunung Bromo yang dapat kita lihat dengan dekat dari atas puncak gunung Bromo. Kawah Gunung Bromo memiliki garis tengah kurang lebih 800 meter utara – selatan, dan kurang lebih 600 meter timur-barat. Sedangkan daerah rawan bahaya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo. Gunung Bromo sendiri berada di tengah lautan pasir dengan berdekatan Gunung Batok, Jika dilihat dari atas puncak Wisata Penanjakan Gunung Bromo, Kawah Bromo akan terlihat jelas serta seluruh kawasan Wisata Bromo Tengger Semeru juga akan terlihat.

Untuk mencapai Tempat Wisata Kawah Bromo sendiri sangat mudah sekali, para wisatawan dapat memulainya setelah melihat matahari terbit dari Tempat Wisata Penanjakan atau memulainya dari desa Cemoro lawang. Jika dari lokasi parkiran Jeep setelah menikmati matahari terbit, para wisatawan cukup berjalan kaki sekitar 2 kilo meter menuju kawasan Wisata Kawah Gunung Bromo, tetapi jika anda merasa melas untuk berjalan kaki anda dapat menunggang kuda dengan melewati Pura Poten Bromo suku Tengger yang biasanya di gunakan untuk perayaan hari raya Yadnya Kasada atau Upacara Kasodo Bromo, setelah itu anda dapat menaiki tangga sekitar 250 an untuk mencapai Puncak Wisata Kawah Gunung Bromo.

4. Pura Luhur Poten Bromo

screenshot-from-2016-12-18-21-46-47

Pura Luhur Poten adalah tempat peribadatan penduduk tengger, yang mayoritas disana adalah beragama Hindu, Pura Luhur Poten berada di tengah tengah hamparan lautan pasir yang mempunyai luas sekitar 5.250 hektar di ketinggian 2392 mdpl. Pura Luhur Poten adalah sebidang lahan di lautan pasir tepatnya di kaki gunung bromo yang menjadi tempat berlangsungnya perayaan upacara Kasada, sebagai lokasi sembahyang bagi masyarakat Tengger yang kebanyakan memeluk agama Hindu, Selain sebagai tempat sembahyang suku Tengger, Pura Luhur Poten merupakan lokasi perayaan suku adat Bromo yaitu Festival Yadya Kasada yang familiar disebut Upacara Kasodo . Upacara Kasada adalah upacara tahunan untuk memanjatkan puji syukur atas karunia yang diberikan kepada masyarakat Suku Tengger. Upacara ini diadakan setiap tahun pada bulan Kasada tepatnya pada malam bulan purnama. Tepat pada perayaan kasada pengunjung wisata Bromo sungguh sangat tinggi. Untuk tour Bromo biasanya dimulai dari pukul 3 pagi, maka saat perayaan ini di mulai pada jam 12 siang untuk mengarak sesajen ke Pura Luhur Poten Gunung Bromo.

Pura Luhur Poten sendiri  terdiri dari beberapa bangunan (mandala) yang ditata dalam suatu susunan. Pura luhur poten mempunyai tiga kategori mandala yaitu
1.Mandala Utama yaitu tempat di dalamnya terdapat padma (tempat pemujaan)
2.Mandala Madya berada di tengah digunakan tempat persiapan pengiringan upacara adat suku tengger
3.Mandala Nista yaitu tempat peralihan dari luar ke dalam pura
Setiap zona atau mandala bangunan masih kental dengan budaya Jawa dan Bali, hal ini dapat kita lihat dari pintu depan maupun corak arsitekturnya.

5. Wisata Pasir Berbisik Gunung Bromo

screenshot-from-2016-12-18-21-38-17

Wisata Pasir Berbisik Gunung Bromo adalah sebuah tempat wisata yang berada di gunung Bromo, pasir Berbisik ini berada disebelah timur kawah Bromo, yakni di ketinggian 2000m dari permukaan laut. Pasir berbisik juga sering kali dijadikan bagian dari paket wisata Bromo, biasanya kunjungan ketempat ini dilakukan pada akhir dari sebuah trip setelah mengunjungi ke tiga obyek wisata lainya seperti, puncak penanjakan 1 melihat sunrise, kemudian melihat aktifitas kawah Bromo, menyaksikan panorama padang rumput savana.

Awal mula dari sejarah pasir Berbisik Gunung Bromo, diceritakan dulu nama dari pasir berbisik berkaitan dengan sebuah film yang dibuat oleh seorang sutradara kondang asal negara Indonesia yang bernama Garin Nugroho, beliau adalah sutradara pertama yang menciptakan asal muasal dari Pasir Berbisik, di tempat inilah beliau menjadikan sebuah lokasi shooting dari sebuah film yang judulnya pasir berbisik. Mengapa demikian, karena ditempat ini jika angin sedang bertiup kencang, deru angin akan membawa butiran-butiran pasir bagaikan sedang membisikkan sesuatu. Suara bisikan tersebut akan terdengar jelas pada saat musim kemarau yang menjadikan padang pasir ini menjadi kering. Sejak pada saat itu lautan pasir yang terdapat di kawasan wisata Bromo ini terkenal dengan nama sebutan pasir berbisik.

6. Wisata Love Hill Gunung Bromo

mount-bromo-gunung-bromo

Wisata Love Hill atau Bukit Cinta ini sering dijadikan sebagai spot alternatif untuk melihat sunrise (matahari terbit) di Gunung Bromo, selain melalui Gunung Penanjakan.

Bukit Cinta menjadi spot alternatif karena Penanjakan terlalu ramai dikunjungi wisatawan. Jika akhir pekan atau musim liburan, Penanjakan pasti penuh sesak oleh wisatawan yang ingin melihat sunrise. Karena itu, alternatif menarik untuk bisa melihat sunrise dengan lebih lapang dan lega adalah di Bukit Cinta.

Bukit Cinta sendiri terletak sekitar 5 km arah selatan dari Penanjakan 1 dan dekat dengan Penanjakan 2. Untuk menuju tempat ini, wisatawan biasanya menggunakan jasa jeep yang bisa disewa dengan tarif berkisar Rp250.000. Mobil jeep digunakan karena medan di Gunung Bromo mayoritas berpasir dan tidak memungkinkan kendaraan model lain melintas, termasuk di Bukit Cinta.

Untuk Reservasi dan Pemesanan Paket Wisata Bromo

Silahkan Hubungi

Bromokita Tour And Travel

+6281 333 845 856

+6285 655 744 401

Alamat :

Jl. MT. Haryono Gang 6D No. 906, Kelurahan Dinoyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65144.

Jl. Mertojoyo Sel., Merjosari, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65144.

Paket Wisata Bromo Malang Populer :

+62822 644 777 93 +62856 557 444 01
Tags