Wisata Malang

Tradisi Upacara Yadnya Kasada suku Tengger di Gunung Bromo

Tradisi Upacara Yadnya Kasada suku Tengger di Gunung Bromo, Upacara adat sebagai rasa syukur masyarakat Suku Tengger Gunung Bromo, kepada Tuhan sang pencipta alam semesta, sekaligus untuk memperingati pengorbanan seorang Raden Kusuma anak Jaka Seger dan lara Anteng.

Selain itu upacara Kasada dilaksanakan oleh masyarakat tengger untuk meminta keselematan dan berkah. Upacara ini dilaksanakan padat tanggal 14 s.d. 16 bulan Kasada atau saat bulan purnama tampak di langit secara utuh setiap setahun sekali.

Pada saat pelaksanaan upacara, masyarakat Tengger berkumpul dengan membawa sesaji berupa hasil bumi dan binatang peliharaan. Semua sesaji yang telah disiapkannya, kemudian dibawa ke puncak Gunung Bromo untuk dilemparkan ketempat khusus yang disebut Ongkek.

Pada tahun ini upacara Kasada akan digelar oleh masyarakat Suku Tengger pada tanggal 9 – 10 Juli 2017. Jika temen-temen traveller penasaran dan ingin tahu lebih jauh tentang upacara Kasada, jangan lupa catat tanggalnya dan kunjungi lokasinya di kawasan wisata Gunung Bromo.

Berikut galery foto-foto pada acara satya kasada bromo 9-10 juli 2017

 

Paket Wisata Bromo Malang Populer :

+62822 644 777 93 +62856 557 444 01
Tags