Hit Enter to search or Esc key to close
Bora Bora Lagoonarium

10 Tips Menabung Mudah Untuk Jalan-Jalan Nyaman

10 Tips Menabung Mudah Untuk Jalan-Jalan Nyaman

Bora Bora Lagoonarium

Sebelum terjun ke tips menabung jitu, yuk keluarin kertas lalu catat semua pengeluaranmu. Seperti cicilan, listrik bulanan, asuransi, uang sekolah bulanan, bensin dan kuota internet bulananmu.

Nah sekarang, coba catat juga pengeluaran-pengeluaran kecilmu seperti, cemilan yang suka kamu cemil di sore hari, kopi yang kamu minum setiap pagi, rokok yang kamu habiskan setiap hari dan hal-hal kecil lainnya. Kalo kamu masih belum kebayang, bisa juga kamu coba catat pengeluaran “kecil-kecil”-mu selama 2 minggu dan dikali 2 untuk mendapatkan angka kira-kira untuk 1 bulan.

Begitu semuanya dijumlahkan, pasti hasilnya tidak sedikit. Inilah yang disebut para ahli “phantom expenses”. Kita tidak tahu bahwa ternyata pengeluaran kita sebesar itu sampai kita benar-benar mencatatnya. Apalagi untuk pengeluaran-pengeluaran kecil tadi, kadang hanya, 5 ribu per cemilan, 20 ribu untuk kopi di pagi hari, tetapi bila dijumlahkan menjadi cukup besar dalam sebulan.

Setelah sudah dapat pengeluaran bulananmu, yuk kita mulai baca tips menabung jitu biar jalan-jalanmu menyenangkan:

10. Catat Pengeluaranmu

Tips Menabung Jitu – Catat Pengeluaranmu (laurensauder)

Untuk menyimpan uang, kamu perlu juga mencatat pengeluaranmu seperti yang sudah dibicarakan di atas. Tenang, tidak perlu membawa kertas setiap saat, karena sudah banyak aplikasi pencatatan pengeluaran di luar sana, cukup cari “spending tracker” di App Store atau Google Play mu.

Terkadang ada beberapa pengeluaran yang ternyata cukup besar apabila dijumlah dalam sebulan. Apabila kamu bisa mengganti pengeluaran tersebut ke opsi yang lebih murah, maka kamu dapat menabung lebih untuk jalan-jalan kamu.

9. Buatlah Rekening Bank yang Berbeda

Tips Menabung - Buatlah Rekening Bank yang Berbeda (duwitmu)
Tips Menabung Jitu – Buatlah Rekening Bank yang Berbeda (duwitmu)

Buat kamu yang dapat membuat rekening bank dengan mudah, akan ada baiknya untuk selalu memisahkan rekening bank untuk transaksi kamu sehari-hari dan rekening bank untuk menabung. Bagi kamu yang tidak dapat membuat rekening bank, bisa juga melakukannya dengan menyimpan uangmu di tempat yang berbeda, dan hanya memakai uang dari tempat tersebut kalo sangat-sangat kepepet.

Karena menurut para ahli, dengan memisahkan uang transaksional dengan uang tabunganmu, kamu jadi tidak akan mengeluarkan uang lebih banyak. Karena, kamu akan cenderung menghabiskan uang yang ada di rekening/tempat penyimpanan, apabila melihatnya masih banyak, dibandingkan dengan apabila kamu tidak melihatnya.

8. Kurangi Konsumsi Kopimu

Tips Menabung Jitu - Kurangi Konsumsi Kopimu (kopituku)
Tips Menabung Jitu – Kurangi Konsumsi Kopimu (kopituku)

Memang ini cukup sulit untuk sebagian orang. Tapi coba bayangkan, dengan mengurangi kopi, kamu bisa jalan-jalan ke pantai yang kamu idam-idamkan di Bali atau di Phuket, Thailand? Tentunya akan lebih baik bukan?

Karena begini, katakanlah kamu beli kopi 20,000 rupiah per hari, dalam hari-hari kerja. Berarti 20 hari x 20,000 rupiah = 400,000 rupiah. Kita coba kali 12 untu 1 tahun: 12 bulan x 400,000 rupiah = 4,800,000 rupiah. Sebesar itu uang yang dikeluarkan hanya untuk keperluan kopimu.

Gambarannya, untuk kamu yang di Jakarta, kamu dapat membeli tiket pulang pergi Jakarta – Bali untuk 3 orang di akhir tahun. Cukup besar bukan pengeluaranmu?

Selain menabung, kita juga perlu pintar-pintar dalam memilih tiket penerbangan. Baca: 12 Tips Rahasia Berburu Tiket Pesawat Murah

7. Yuk Memasak

Tips Menabung Jitu - Yuk Memasak (kevinmccutcheon)
Tips Menabung Jitu – Yuk Memasak (kevinmccutcheon)

Memang, sekarang kamu sudah bekerja, memang kamu sudah mampu untuk membeli makanan di luar, memang kamu tidak mau menjalankan hidup bagai anak mahasiswa. Tapi coba hitung deh, dengan kamu memasak, tidak hanya kamu dapat menabung banyak sekali, nutrisi yang kamu dapatkan juga sangat baik.

Tenang, seiring perkembangan zaman, resep bisa kamu dapatkan di mana saja. Coba cek YouTube untuk resep-resep untuk memasak dengan waktu yang singkat. Kamu bakal kaget seberapa singkat waktu yang diperlukan untuk memasak suatu makanan yang oke banget.

6. Stream Aja

Tips Menabung Jitu - Streaming Aja (molliesivaram)
Tips Menabung Jitu – Streaming Aja (molliesivaram)

Khusus buat kamu yang masih punya langganan tv kabel, kayaknya udah ga diperluin lagi deh. Kecuali memang itu untuk penyedia internetmu di rumah. Kalo kamu bisa memilih paket yang lebih murah dengan tidak berlangganan tv kabel, akan jauh lebih baik mengambil paket tersebut.

Zaman sekarang jasa streaming sudah sangat banyak, kamu bisa memberhentikan langganan tv kabelmu dan langganan jasa streaming saja agar lebih murah. Pilihan filmnya juga lebih banyak, dan dapat dipilih ketimbang harus mengikuti jadwal tontonan channel tersebut.

Menyangkut streaming, kamu juga dapat membawa laptop untuk streaming dengan nyaman saat kamu berlibur. Tentunya kamu juga harus berjaga-jaga dalam membawa alat-alat elektronikmu. Baca tips ini agar kamu lebih tenang saat membawa alat-alat elektronikmu: Tips Laptop – Membawa Laptop Saat Liburan Agar Kamu Tenang

5. Kurangi Kuota Bulananmu

17+ Aplikasi Traveling yang Wajib Ada di Traveler, Download Sekarang Juga! HP Telepon Seluler
Tips Menabung Jitu – Kurangi Kuota Bulananmu

Seringkali di akhir bulan, banyak kuota yang masih tersisa tetapi harus diperbaharui lagi. Nah untuk menghemat pengeluaranmu, salah satu caranya adalah, melihat kelebihan kuota tersebut dan mengganti paket yang harus kamu ambil bulan berikutnya.

Dijamin kamu akan kaget dengan kuota yang ternyata cukup untuk kamu sebulan pakai. Belum lagi kalau di kantor kamu akan memakai wifi kantor, sedangkan di tempat tinggal kamu memakai wifi juga. Kuota yang akan kamu pakai hanya sangat sedikit. Jangan lupa untuk pilih operator yang murah dan signalnya sesuai dengan tempat kamu bekerja dan lokasi tempat tinggalmu.

4. Couchsurfing

Sofa Ruang Tamu Rumah Interior(nathanfertig)
Tips Menabung Jitu – Couchsurfing (nathanfertig)

Pasti masih banyak yang belum tahu couchsurfing itu apa. Singkatnya, kamu dapat “menumpang” di rumah orang secara cuma-cuma saat sedang berjalan-jalan ke daerah lain. Komunitas ini sangat aman kok, karena kamu juga dapat melihat review orang-orang tersebut dari webnya.

Tapi tentu saja, karena orang-orang selalu berjaga-jaga mereka akan mementingkan review, orang-orang yang baru mendaftar akan lumayan kesulitan menemukan orang yang mau menumpankan rumahnya.

Hal tersebut dapat diatasi dengan mengikuti “gathering” komunitas di tempat kamu tinggal, agar orang-orang pada komunitas tersebut menambahkan kamu pada jaringan mereka di website tersebut, sehingga kamu akan lebih terpercaya bagi orang yang rumahnya akan ditumpangi olehmu di kemudian hari.

Nih, biar lebih semangat nabungnya, kamu bisa lihat itinerary gratis di Bali 3 hari 2 malam sebagai salah satu pemicu kamu juga: Itinerary Bali 3 Hari 2 Malam Gratis yang Gak Akan Terlupakan

3. Kurangi atau Berhenti Merokok

Stop Sign Rambu (andersenjensen)
Tips Menabung Jitu – Kurangi atau Berhenti Merokok (andersenjensen)

Setelah kamu tulis pengeluaran bulananmu, kamu akan melihat pengeluaran rokokmu lumayan besar bukan? Selain baik untuk kesehatan fisikmu, mengurangi atau berhenti merokok akan sangat baik untuk kesehatan kantongmu.

Kamu tidak seperlu itu kok untuk merokok sesering itu. Kurangi intensitasnya, bayangkan dengan mengurangi intensitas merokokmu, kamu dapat menambah tabunganmu untuk pergi berlibur ke Danau Toba atau berpetualang ke Sa Pa, Vietnam.

2. Stop Cemilan dan Bawa Botol Minum

Tips Menabung Jitu – Stop Cemilan dan Bawa Botol Minum (laurensauder)

Inilah yang terkadang susah untuk dilakukan. Ada penelitian, apabila kamu biasa memakan sesuatu di jam tertentu, tubuh akan memintanya kembali di sekitaran jam yang sama keesokan harinya.

Inilah yang terjadi ketika kita memakan cemilan, seakan-akan tubuh kita lapar dan butuh makan, tetapi sebenarnya tubuhmu sedang meminta apa yang ia dapatkan di hari sebelumnya. Ada baiknya uang yang kamu keluarkan setiap hari tersebut disimpan untuk liburanmu di kemudian hari.

Jangan lupa juga untuk membawa botol minummu setiap kamu ingin memakan makanan di luar. Walau katakanlah pengeluaran minuman 2 ribu per minuman, yang terlihat sangat murah, sehari kita dapat menghabiskan 4 ribu untuk 2x makan. Coba kita kalikan dengan 30 hari: 120,000 rupiah kita keluarkan untuk minuman saja. Kalau kita kalikan dengan 12 bulan, maka totalnya menjadi 1,440,000 rupiah untuk minuman 2 ribu kita.

1. Carilah Uang Tambahan

museum sejarah jakarta fatahillah
Tips Menabung Jitu – Carilah Uang Tambahan

Sistem sharing conomy sangat memudahkan untuk mendapatkan pemasukan. Kamu dapat menyewakan ruangan yang berlebih di rumahmu kepada aplikasi-aplikasi penyewa ruangan untuk mendapatkan tambahan. Atau bahkan menjadi tour guide di Get Your Guide untuk menemani turis berjalan-jalan di daerahmu.

Seberapa kecil keahlian dan aset yang tidak terpakai, selalu ada aplikasi atau cara untuk mendapatkan uang tambahan.

Demikian tips menabung jitu yang bisa kamu coba untuk lakukan. Semoga terus bermanfaat. Jangan lupa juga di saat liburan kamu membutuhkan aplikasi-aplikasi ini agar liburanmu lebih maksimal: Aplikasi Traveling : 20 Aplikasi Travel yang Wajib Ada di HP Traveler