Hit Enter to search or Esc key to close
Blog thumbnail

14 Rekomendasi Tempat Kuliner Bali Terbaru

14 Rekomendasi Tempat Kuliner Bali Terbaru

Blog thumbnail

Salah satu pulau di Indonesia yang wajib dijelajahi setidaknya satu kali seumur hidup adalah The Hidden Paradise, Bali. Setiap daerah yang Bali punya selalu menyimpan keindahan dan keunikan yang berbeda dengan daerah lainnya. Sebagai contoh, Kuta dan Tabanan yang memiliki ciri khas wisata yang berbeda dan spot kuliner Bali dengan nuansa yang tentu sangat berbeda.

Oleh sebab itu, berlibur ke Bali jangan hanya sehari atau dua hari karena waktu tersebut akan sangat kurang untuk kamu gunakan mengeksplorasi Bali yang sangat unik dan menarik ini.

Selain mengeksplorasi beragam tempat wisata yang menarik, gunakan waktu yang kamu punya untuk mengeksplorasi berbagai tempat kuliner di Bali. Selengkapnya tentang rekomendasi tempat kuliner Bali terbaru yang menyajikan hidangan spektakuler bisa kamu simak dalam daftar di bawah ini!

Daftar Tempat Kuliner Bali Terbaru

1. Green Kubu Café

Green Kubu Café (ubudproperty)

Alamat : Jalan Cinta Jl. Pejengaji No.Br, Tegallalang, Gianyar, Bali
Map : Klik di sini
Jam buka : 10.00 – 23.00 WITA
Menu : Aneka menu Indonesia dan menu western
Harga : Nasi dan kerupuk udang dijual terpisah dengan harga mulai 6 ribu rupiah, aneka lauk bisa kamu pesan dengan harga mulai 25 ribu rupiah. Minuman bisa dipesan dengan harga mulai 11 ribu rupiah.

Untuk kamu yang sedang mencari tempat wisata kuliner Bali dengan sajian aneka menu lezat dan pemandangan sawah berundak yang eksotis, kamu harus berkunjung ke Green Kubu Café. Tempat makan ini merupakan sebuah tempat makan dengan konsep alam yang didirikan pada tahun 2017 lalu. Kolam teratai yang cocok menjadi objek selfie pun menjadi salah satu spot terbaik yang bisa ditemukan pengunjung di sini.

Mengenai menu makanan yang disajikan di Green Kubu Café sangat bervariasi. Disajikan menu khas Indonesia dan beberapa menu western yang bisa dipesan di sini. Kalau kamu ingin memesan mocktail, vodka, dan cocktail juga bisa. Tinggal kamu pilih saja di daftar menu yang disediakan.

Berbicara soal menu makanan favorit, menu makanan khas Indonesia yang menjadi favorit setiap pengunjung lokal yang datang ke Green Kubu Café di antaranya adalah tipat plecing, ayam bakar atau ayam goreng dan juga mujair nyat – nyat atau mujair bakar.

Sementara pengunjung yang berasal dari luar negeri atau turis asing yang sedang berlibur di Bali lebih suka memesan menu lokal seperti gado – gado, tempe bakar, nasi goreng dengan kerupuk udang atau ayam betutu. Tersedia juga varian menu untuk vegetarian seperti spring roll, JJ burger (burger vegetarian lezat khas Green Kubu), jukut plecing dan vegetarian pasta yang bisa dipesan di sini.

Semua menu yang dipesan oleh pengunjung merupakan menu fresh yang akan dimasak ketika ada pesanan sehingga kamu yang berkunjung ke Green Kubu Café tidak perlu takut atau ragu makanan basi atau sudah tidak fresh ketika kamu santap.

Lokasi Green Kubu Café sendiri sangat strategis karena dekat dengan berbagai tempat wisata yang ada di Ubud. Karena lokasinya sangat strategis, Green Kubu Café seringkali menjadi tempat singgah bagi para turis yang berlibur di Ubud, Bali.

2. Ibab Bali – Tidak Halal

Kuliner Bali - Ibab Bali
Ibab Bali

Alamat : Jl. Dewi Sri No.88xx, Legian, Kuta, Kabupaten Badung, Bali
Map : Klik di sini
Jam buka : 09.00 – 21.00 WITA
Menu : Aneka menu khas Indonesia
Harga : Makanan mulai 42 ribu rupiah, minuman mulai 15 ribu rupiah

Ibab Bali merupakan sebuah restoran Asia di Kuta, Bali yang menghadirkan aneka ragam menu makanan Asia yang bisa kamu pesan. Menu – menu yang dihadirkan di Ibab di antaranya nasi goreng Ibab yang merupakan nasi goreng dengan bumbu racikan Ibab sendiri, bakwan udang, iga bakar, aneka olahan daging babi dan ayam seperti sambal matah, rica – rica, saos padang, dan saos mentega.

Aneka olahan udang seperti udang kremes, udang saus mentega atau udang saus padang pun bisa kamu pesan. Kalau kamu pecinta sate, kamu pun bisa memesan sate dengan racikan bumbu khas Ibab yang sekaligus menjadi menu favorit turis asing di sini. Oh ya, kabar baiknya lagi bagi pecinta babi panggang, kamu juga bisa memesannya di sini karena menu ini merupakan menu spesial yang dihadirkan di Ibab Bali.

Sementara untuk minumannya, kamu bisa memesan aneka jus buah seperti jus alpukat atau jus jeruk, cingcau susu, ice lemon tea, coffeeberry, banana berry savoy, lychee elixir dan juga es campur khas Ibab. Nah, es campur khas Ibab inilah yang menjadi minuman manis spesial yang wajib kamu pesan kalau datang ke sini karena dibuat dengan cita rasa spesial yang berbeda dengan es campur lainnya.

3. El Lago

El Lago (mariana_sharabura)
El Lago (mariana_sharabura)

Alamat : Jl. Raya Penelokan No.899, Batur Tengah, Kec. Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.00 – 19.00 WITA
Menu : Japanese food
Harga : Mulai 45 ribu rupiah

Untuk kamu pecinta Japanese Food, wajib banget datang ke sini. Lokasi El Lago berada di dataran tinggi Kintamani Bali dengan panorama pegunungan yang indah terhampar di depan mata. Suasana sejuk yang kamu rasakan juga pastinya membuat kamu betah berlama – lama di café ini.

Terlebih bangunan interior dan eksterior café berkonsep minimalis modern yang didominasi warna putih dan jendela besar menyita perhatian kamu setibanya di El Lago. Untuk menunya, menu favorit yang biasa dipesan pengunjung di El Lago adalah sushi dan miso soup. Sushi dengan seafood yang masih fresh dan miso soup yang merupakan sup Jepang berisikan tahu dan rumput laut dapat menghangatkan tubuh kamu di tengah suasana dingin El Lago.

4. KooD (Kolaborasi untuk Desa)

KooD (restaurantguru)
KooD (restaurantguru)

Alamat : Jl. Kutat Lestari No. 2, Sanur Kauh, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali
Map : Klik di sini
Jam buka : 07.30 – 21.00 WITA
Menu : Vegetarian food
Harga : Mulai 5 ribu rupiah

KooD merupakan sebuah tempat makan vegan dengan konsep self service café yang memiliki open kitchen, yaitu sebuah ruangan dapur yang berhadapan langsung dengan pengunjung yang menikmati makanan di sini.

Karena konsepnya self service café, oleh sebab itu setelah menikmati hidangan yang disediakan maka pengunjung harus merapikan sendiri piring dan gelas kotor di tempat yang disediakan. Ada banyak menu makanan berat yang bisa dipesan di sini seperti yamiin noodle, miso noodle, Korean noodle, veggie salad, chicken burger, dan sandwich.

KooD - Kolaborasi Untuk Desa, Sanur (kolaborasiuntukdesa)
KooD – Kolaborasi Untuk Desa, Sanur (kolaborasiuntukdesa)

Sementara menu favorit yang sangat disukai pengunjung adalah yamin noodle atau mie yamin yang merupakan hidangan mie ala yamin dengan sensasi pedas menggugah selera. Pecinta pedas namun vegetarian wajib banget mencoba mie ala yamin yang bisa di pesan di KooD ini.

Terdapat juga hidangan snack lezat seperti banana bread, brownies, dorayaki, dan roti bantal yang bisa dipesan. Untuk menu minuman yang disediakan banyak macamnya seperti matcha, banana chia, milo, teh tarik, blue vanilla, choco milk, aneka jus dan plain milk. Namun minuman yang paling disukai pengunjung adalah plain milk atau susu nabati yang segar dan pastinya menyehatkan tubuh. Tersediapun minuman gratis di sini, berupa air mineral dan teh rosela yang bisa kamu ambil sendiri menggunakan gelas yang tersedia.

5. Gelato Factory

Kuliner Bali - Gelato Factory (gelatofactory-bali)
Gelato Factory (gelatofactory-bali)

Alamat : Jl. Kayu Aya No.32, Kerobokan Kelod, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali
Map : Klik di sini
Jam buka : 13.00 – 21.00 WITA
Menu : Gelato dan aneka olahan lain
Harga : Mulai 28 ribu rupiah

Buat kamu pecinta gelato, wajib banget datang ke Gelato Factory yang berada di Kuta Bali. Desain interior yang homey sehingga cocok jadi spot foto dan harga gelato yang dibanderol mulai dari 28 ribu rupiah saja membuat kamu bisa puas menyantap gelato di sini.

Beberapa varian rasa gelato yang kamu bisa pilih di antaranya blueberry, biscottino, bounty, coffee, cheese cake, vanilla, blue angel, cinnamon, mint chocolate, tiramisu, peanut butter, dan green tea. Mana nih varian rasa favorit kamu?

Oh ya, selain menjual gelato dengan beragam varian rasa, Gelato Factory juga menjual aneka menu olahan lain seperti waffle, crepes, french fries, pizza, smoothies dan beragam olahan lain yang bisa kamu ketahui di daftar menu.

6. Gelato Massimo

Kuliner Bali - Gelato Massimo (kaskus)
Gelato Massimo (kaskus)

Alamat : Jl. Raya Tuban No. 2X, Tuban, Kuta, Kabupaten Badung, Bali
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.00 – 23.00 WITA
Menu : Gelato dan aneka makanan khas Italia
Harga : Mulai 20 ribu rupiah

Masih membahas tentang tempat kuliner Bali yang menjual aneka cita rasa gelato, ada Gelato Massimo yang tak kalah menarik untuk dibahas. Kamu juga wajib banget datang ke sini karena menu gelato yang disajikan tak kalah menarik dari menu gelato yang ada di Gelato Factory.

Terdapat 24 varian menu gelato yang kamu bisa pesan di sini. Menu gelato tersebut di antaranya :

  • pistachio
  • mars
  • nutella
  • cookies
  • tiramisu
  • crunchy rum
  • coconut sorbet
  • bubble gum
  • kiwi yoghurt
  • melon sorbet
  • strawberry sorbet
  • pineapple sorbet
  • vanilla
  • charcoal yoghurt
  • chocolate chilli
  • oreo
  • red velvet
  • cannoli
  • apple pie
  • cuplo
  • bailey’s
  • cremoso italiano
  • sunset paradise
  • strawberry yoghurt honey

Selain menghadirkan menu gelato yang menjadi menu favoritnya, Gelato Massimo juga merupakan sebuah tempat kuliner Bali yang menghadirkan beragam menu masakan Italia seperti pasta, pizza, dan menu lainnya yang juga bisa kamu pesan.

7. Warung BBQ Mek Made – Tidak Halal

Kuliner Bali - Warung BBQ Mek Made (eatsmarter)
Warung BBQ Mek Made (eatsmarter)

Alamat : Jl. Patih Jelantik, Legian, Kuta, Kabupaten Badung, Bali
Map : Klik di sini
Jam buka : 16.00 – 21.00 WITA
Menu : Aneka olahan daging barbeque
Harga : Mulai 15 ribu rupiah

Warung BBQ Mek Made merupakan tempat kuliner Bali yang cocok dikunjungi kamu yang suka olahan daging barbeque. Ayam barbeque sampai iga babi (pork ribs) barbeque bisa kamu pesan di sini. Kedua menu tersebut memang menjadi menu favorit pengunjung yang datang ke sini, khususnya pengunjung mancanegara.

Di Warung BBQ Mek Made, kamu juga bisa memesan olahan nasi goreng, spicy chicken wings yang disajikan dalam sebuah piring besar. Sementara untuk kamu yang sedang tidak terlalu lapar dan tidak ingin makan nasi, kamu juga bisa memesan burger lengkap dengan kentang goreng yang satu porsinya dibanderol sebesar 35 ribu rupiah untuk pork cheese burger dan sebesar 30 ribu rupiah untuk chicken cheese burger. Aneka minuman segar seperti classic pina colada, banana daiquiri, mini mojito, whiskey cocktail, juga bisa kamu pesan di sini.

Tempat kuliner Bali ini lokasinya cukup strategis karena berada di pinggir jalan utama dan sangat mudah ditemukan. Namun lebih disarankan untuk membawa kendaraan roda dua saat makan di sini, dikarenakan parkirnya yang kecil. Apabila kamu membawa mobil, kamu dapat parkir di toko-toko sebelahnya. Kalau suasana makan malam di tempat kuliner Bali Warung BBQ Mek Made terlalu ramai menurut kamu, kamu bisa memesan aneka menu untuk dibawa pulang.

8. Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Kuliner Bali - Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku (zomato)
Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku (zomato)

Alamat : Jl. Raya Kedewatan No. 18, Kedewatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.00 – 18.00 WITA
Menu : Nasi ayam dan aneka lauk
Harga : Mulai 25 ribu rupiah

Berdiri sejak tahun 1964, Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku ini merupakan tempat wisata kuliner Bali yang tak boleh kamu lewatkan. Cita rasa olahan ayam tradisional khas Bali yang hadir bersama bumbu rempah – rempah spesial bisa kamu nikmati di sini.

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku ini selalu ramai dengan kunjungan wisatawan walaupun hanya menyajikan olahan nasi ayam yang dijual dengan aneka jenis lauk yang bisa dipilih. Bagi pecinta kuliner pedas kamu wajib datang ke tempat kuliner Bali ini.

Rumah makan yang homey, tempat parkir luas dan suasana yang nyaman membuat kamu betah berkunjung ke sini.

9. Ayam Betutu khas Gilimanuk

Kuliner Bali - Ayam Betutu khas Gilimanuk (pinterest)
Ayam Betutu khas Gilimanuk (pinterest)

Alamat : Jl. Raya Tuban No. 2X, Tuban, Kuta, Kabupaten Badung, Bali
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.30 – 22.00 WITA
Menu : Ayam betutu
Harga : Mulai 37 ribu rupiah, tergantung paket nasi yang dipilih

Sudah bukan rahasia lagi kalau olahan Ayam Betutu merupakan makanan khas yang berasal dari pulau dewata, Bali. Khususnya buat kamu yang suka makanan pedas wajib mencoba kuliner yang satu ini.

Ayam Betutu khas Gilimanuk ini merupakan sebuah rumah makan tradisional yang memadukan konsep rumah makan indoor dan outdoor. Tempat kuliner Bali ini dapat menampung sampai dengan 100 orang dan memiliki area parkir yang cukup luas.

10. Ayam Betutu Men Tempeh

Kuliner Bali - Ayam Betutu Men Tempeh (travelkompas)
Ayam Betutu Men Tempeh (travelkompas)

Alamat : Terminal Lama, Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali
Map : Klik di sini
Jam buka : 07.00 – 21.30 WITA
Menu : Ayam betutu
Harga : Mulai 60 ribu rupiah, tergantung paket yang dipilih

Masih membahas tentang kuliner Bali berupa ayam betutu, selain kamu bisa berkunjung ke warung makan tradisional Ayam Betutu khas Gilimanuk, kamu juga bisa berkunjung ke Ayam Betutu Men Tempeh.

Ayam Betutu Men Tempeh merupakan salah satu kuliner Bali yang sudah ada sejak tahun 1978 dan sampai saat ini masih mempertahankan cita rasa otentiknya. Olahan ayam betutu legendaris yang disajikan di tempat kuliner Bali ini tentunya tidak kalah enak dan lezat seperti di warung makan Ayam Betutu khas Gilimanuk.

Cita rasa pedas dengan sajian sambal yang lezat akan kamu temukan. Tempat makannya juga luas ditambah pelayanan yang ramah membuat kamu bisa dipastikan betah makan di sini.

Tempat makan ini sangat cocok buat kamu yang datang ke Pulau Bali menggunakan jalur darat dari Pulau Jawa, karena letaknya yang tergolong dekat dengan pelabuhan Gilimanuk.

11. Sate Plecing Arjuna

Kuliner Bali - Sate Plecing Arjuna (kompas)
Sate Plecing Arjuna (kompas)

Alamat : Jl. Arjuna No. 47, Dauh Puri Kaja, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali 80232
Map : Klik di sini
Jam buka : 09.00 – 16.30 WITA
Menu : Aneka sate
Harga : Mulai 20 ribu rupiah

Hadir sejak tahun 90an, sate plecing Arjuna menjadi tempat kuliner Bali paling legendaris yang bisa kamu kunjungi. Menu utama yang disajikan di sini sebenarnya adalah sate babi. Akan tetapi buat kamu yang tidak makan olahan babi, bisa memesan sate ayam atau pun sate kambing yang disajikan dengan daging berkualitas dan diolah dengan bumbu sate yang sangat lezat.

Berbicara mengenai bumbu satenya, olahan sate yang disajikan di kuliner Bali Sate Plecing Arjuna bukan menggunakan bumbu sambal kacang. Bumbu sate ini menggunakan sambal plecing yang dibuat dari racikan cabai, bawang putih, kemiri dan terasi. Cita rasa uniknya dijamin akan membuat kamu ketagihan makan di sini.

12. Bebek Tepi Sawah

Kuliner Bali - Bebek Tepi Sawah (id.pinterest)
Bebek Tepi Sawah (id.pinterest)

Alamat : Jl. Batu Belig No.77, Kerobokan Kelod, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali
Map : Klik di sini
Jam buka : 10.00 – 22.30 WITA
Menu : Bebek betutu dan aneka menu olahan lain
Harga : Bebek betutu 110 ribu rupiah, menu lain seperti gurame bakar mulai 85 ribu rupiah

Bebek Tepi Sawah merupakan sebuah restoran di Kerobokan Bali yang menyediakan tempat makan dengan suasana khas Bali. Pemandangan padi menghijau atau menguning di siang hari terlihat sangat jelas. Sementara di malam hari, lampu temaram dan taburan bintang menjadi penghiasnya.

Tempat kuliner Bali yang satu ini hadir dengan konsep gazebo bambu beratapkan alang – alang. Ukuran gazebonya sendiri bervariasi ada yang kecil dan ada yang besar, ada yang duduk lesehan, ada juga yang duduk di kursi dan meja makan biasa. Kamu bisa memilih duduk di gazebo mana sesuai dengan kapasitas pengunjung yang kamu bawa.

Mengenai menu yang disajikan di tempat kuliner Bali ini tidak hanya bebek betutu goreng atau bebek betutu panggang atau bakar saja. Ada beragam menu lain seperti gurame bakar, atau grilled mixed seafood yang dapat kamu pesan.

13. Soto Babat Warung Nyoman

Kuliner Bali - Soto Babad Warung Nyoman (kompas)
Soto Babat Warung Nyoman (kompas)

Alamat : Kuta, Kabupaten Badung, Bali
Map : Klik di sini
Jam buka : 10.00 – 00.00 WITA
Menu : Soto babat
Harga : 20 ribu rupiah per porsi

Buat pecinta soto babat wajib banget nih datang ke tempat kuliner Bali yang satu ini. Babat yang diolah dijamin tidak alot dan tidak keras. Cita rasa bumbu rempah gurih yang dibuat dari resep turun temurun pun akan turut memanjakan lidah kamu.

Warung makan soto babat ini tempatnya memang agak tersembunyi di dalam sebuah gang. Namun walau demikian, tempat kuliner Bali ini tetap saja selalu menjadi incaran pecinta soto Babat yang sedang berlibur di Bali. Terlebih soto babat Warung Nyoman merupakan warung soto babad legendaris yang sudah berdiri sejak tahun 1987 silam.

14. Babi Guling Sari Kembar 99 – Tidak Halal

Kuliner Bali - Babi Guling Sari Kembar 99 (thebalibible)
Babi Guling Sari Kembar 99 (thebalibible)

Alamat : Jalan Teuku Umar Barat No. 99, Denpasar Barat, Kerobokan Kelod, Denpasar, Kerobokan Kelod, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali
Map : Klik di sini
Jam buka : 06.00 – 22.00 WITA
Menu : Babi guling
Harga : Mulai 15 ribu rupiah, tergantung paket yang dipesan

Untuk pecinta babi guling, Bali punya banyak tempat kuliner babi guling yang bisa kamu sambangi. Salah satunya adalah Warung Babi Guling Sari Kembar 99. Disajikan babi guling kering dengan atau tanpa kuah terpisah yang bisa kamu pesan. Kamu juga bisa memesan paket nasi babi guling dengan harga paket yang terjangkau. Kamu bisa lihat paketannya dalam daftar menu yang disediakan.

Cita rasa babi guling dengan bumbu khas Bali, dan tidak lupa disertai dengan lauk pelengkap lainnya seperti lawar dan urutan disajikan sempurna di dalam satu piring. Terdapat juga jeroan babi dalam satu porsi babi guling, sehingga cocok buat kamu pecinta jeroan.

Warung Babi Guling ini memiliki tempat makan yang nyaman dengan area parkir luas yang membuat kamu nggak perlu bingung karena kehabisan lahan parkir walaupun pelanggan sedang ramai – ramainya. Pelayanan yang diberikan pun sangatlah ramah.

Bagaimana tertarik untuk menjelajahi beragam tempat kuliner Bali di atas?

Khususnya buat kamu yang baru pertama kali ke Bali dan berniat liburan seru di sana, pastikan kamu sudah membuat itinerary liburan agar perjalanan kamu di Bali tidak membosankan. Referensi itinerary liburan selama di Bali, baca : Itinerary Bali – Liburan Seru 4 Hari 3 Malam

Atau buat kamu yang ingin membuat rencana liburan lebih pendek, baca juga : Liburan Tak Terlupakan – Itinerary Bali 3 Hari 2 Malam Gratis

Ada wisata kuliner apalagi di Bali?

Untuk wisata kuliner lain yang bisa kamu nikmati ketika berlibur di
Bali, baca : 17 Makanan khas Bali Paling Enak dan Unik untuk Dicoba

Baca juga : 10 Tempat Wisata Kuliner di Bali yang Wajib Dikunjungi

Jangan lupa sebelum pulang cari juga oleh – oleh untuk anggota keluarga dan kerabat yang menunggu kepulangan kamu di rumah. Adapun mengenai apa saja oleh – oleh khas Bali yang bisa kamu jadikan pilihan untuk dibawa pulang, baca : 10 Oleh – Oleh Khas Bali yang Paling Terkenal

Tertarik menjelajahi Bali dan menikmati aneka ragam kuliner Bali yang super nikmat tersebut? Yuk segera buat itinerary liburan kamu sekarang juga! Happy holiday!