Hit Enter to search or Esc key to close
Blog thumbnail

Harga Tiket Masuk dan Lokasi Kampung Budaya Sindang Barang Bogor, Serunya Berwisata Sambil Belajar Sejarah

Harga Tiket Masuk dan Lokasi Kampung Budaya Sindang Barang Bogor, Serunya Berwisata Sambil Belajar Sejarah

Blog thumbnail

Harga Tiket Masuk dan Lokasi Kampung Budaya Sindang Barang Bogor – Kampung Budaya Sindang Barang Bogor menjadi salah satu destinasi wisata di Bogor yang belakangan ini cukup mencuri perhatian. Selain panorama alamnya yang indah nan sejuk, kondisi tempat ini juga sangat baik dan rapi.

Layaknya perkampungan pada umumnya, tempat-tempat di sini juga dikemas semenarik mungkin. Bahkan para pemandu wisatanyapun juga mengenakan kostum khas daerah tersebut. Dikampung ini kamu akan mendapat ilmu baru tentang sejarah kesepuhan Sunda jaman dulu.

Seperti yang tercantum dalam babat Pajajaran dan pantun Bogor, dulunya kampong ini adalah salah satu keraton yang menjadi tempat tinggal bagi permaesuri Prabu Siliwangi, Dewi Kentring Manik Mayang Sunda.

Also Read:

Konon katanya kampung ini menjadi singgasana bagi para kesatria Kerajaan untuk berlatih beladiri. Selain itu dulunya kampong ini juga menjadi sumber pelestarian budaya Sunda di tanah Bogor. Jadi wajar saja jika sampai saat ini adat istiadat masih di pegang teguh oleh warga setempat.

Yang membuat Kampung Budaya Sindang Barang Bogor ini unik, para pengunjung yang baru tiba akan disambut dengan merdunya alunan angklung yang dimainkan oleh sekelompok komunitas budaya yang beranggotakan ibu-ibu dan para remaja.

Tidak hanya itu, pengunjung juga akan diajak berlajar tentang tarian khas dan karawitan. Kegiatan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Karawita yang bisa kamu pelajari di tempat ini adalah karawitan jenis gending yang diiringi dengan gamelan khas Sunda.

Jika beruntung, kamu juga bisa menyaksikan upacara adat seren taun yang biasanya diadakan sekali dalam setahun. Upacara tersebut dilakukan oleh para penduduk sebagai rasa syukur kepada Sang Maha Kuasa atas hasil panen sekaligus meminta supaya hasil panen tahun berikutnya bisa lebih baik lagi.

Di Kampung Budaya Sindang Barang Bogor kalian juga berelaksasi melalui pijitan handal dari tukang pijit yang telah disediakan. Wah terlihat seru banget bukan?

Tertarik mengunjungi Kampung Budaya Sindang Barang Bogor ini? Jika iya, yuk simak lokasi, rute dan harga tiket masuk berikut ini.

Also Read : Lokasi dan Harga Tiket Masuk Buntul Rintis Aceh, Destinasi Wisata Menarik Dengan Spot Unik

Layaknya perkampungan pada umumnya, di Kampung Budaya Sindang Barang Bogor ini kamu juga akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah dan udara sejuk. Tertarik berkunjung ke sini? Jika iya, kamu bisa datang langsung ke daerah Jalan Endang Sumawijaya, Rt.02/Rw.08, Sindang Barang, Dusun Menteng, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Pasireurih, Bogor, Jawa Barat.

Dikarenakan akses jalan yang tidak begitu mulus, jika hendak berkunjung ke sini sebaiknya kamu mengendarai kendaraan roda dua. Namun jika kamu kekeh mengendarai roda  empat perjalananpun harus terhenti di tengah jalan dan dilanjutkan dengan berjalan kaki.

Untuk sampai ke lokasi tersebut memerlukan waktu sekitar setengah jam dari pusat kota Bogor. Untuk rute perjalanannya kamu bisa mencari di Google Maps ya.

Harga Tiket Masuk Kampung Budaya Sindang Barang Bogor

Buka setiap hari, Kampung Budaya Sindang Barang Bogor ini beroperasi mulai pukul 9 pagi sampai 5 sore. Untuk harga tiketnya sendiri dibagi menjadi dua macam yakni jika kamu datang di hari biasa kamu tiket yang harus dibayar sebesar Rp. 25.000/orang. Sementara untuk hari libur tariff tiket masuk naik menjadi Rp. 35.000/orang.

Harga tersebut sangat murah sekali, mengingat pemandangan sekaligus fasilitas yang diberikan sangat memadai. Hampir setiap akhir pekan dan hari libur para pelancong yang berasal dari Bogor maupun luar kota datang kesini hanya sekedar untuk bersantai atau belajar hal baru tentang kebudayaan khas Sunda.

Wow sangat menarik banget ya, jadi kapan nih kamu datang ke Kampung Budaya Sindang Barang Bogor? Jika main kesini jangan lupa ajak keluarga atau temanmu ya supaya momen liburanmu terasa lebih seru.