Hit Enter to search or Esc key to close
Liburan Sehat Memang Bisa Gampang Apa Aja Tipsnya

Liburan Sehat? Memang Bisa Gampang? Apa Aja Tipsnya?

Liburan Sehat? Memang Bisa Gampang? Apa Aja Tipsnya?

Liburan Sehat Memang Bisa Gampang Apa Aja Tipsnya

Liburan tentunya merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan. Tapi justru di saat-saat tersebut, kita suka melupakan kesehatan kita. Tidak jarang orang akan berkata,”Ah, lagi liburan, gak usah dibatasin lah makannya. Nanti setelah liburan baru balik normal lagi.”. Akhirnya liburan sehat tidak pernah masuk dalam sejarah liburan kita.

Hal-hal tersebut yang memicu berkurangnya kesehatan kita, beberapa di antaranya bertambah berat badan, kolesterol, darah tinggi dan lain-lain seusai liburan. Seringkali, setelah mengalami hal tersebut, kita cenderung hanya kembali ke pola makan kita yang sebelumnya, bukannya memperbaiki asupan nutrisi lebih lagi agar menurunkan hal-hal tadi.

Semakin sering liburan, maka hal-hal tadi akan semakin bertumpuk, tentunya hal ini sangat tidak menguntungkan untuk tubuh kita dalam jangka panjang. Jadi tanpa berlama-lama, yuk kita lihat tips-tips liburan sehat yang mudah untuk diikuti.

Tips-Tips Liburan Sehat

1. Makan Makanan yang Sangat Kamu Sukai

Tips Liburan Sehat – Makan Makanan yang Sangat Kamu Sukai (shutterstock)

Memang ini terdengar cukup aneh. Berarti tetap makan dong? Tentunya, akan sayang apabila kamu tidak mengkonsumsi makanan yang memang kamu sukai dari area tersebut. Tapi tentunya tetap dalam porsi wajar ya, jangan karena kamu sedang berada di sebuah area dalam waktu singkat, kamu menambah porsi melebihi porsi wajar.

Selain itu, kamu tidak perlu memakan makanan yang tidak kamu sukai. Pernah mendengar kalimat,”Makanan A sangat enak tuh yang di daerah B. Cobain yuk selagi kita ada di daerah B!”. Ini lah kata-kata yang sangat salah untuk kesehatan kamu, apalagi kalo kamu tidak terlalu menyukai makanan tersebut.

Apa yang terjadi? Hal terburuknya, kamu akan memaksa dirimu untuk memakan makanan tersebut setelah kamu memakan makanan lain. Tentunya ini sudah melanggar poin pertama, mengkonsumsi makanan harus tetap dalam porsi wajar, yang otomatis akan meningkatkan berat badan, kolesterol, darah tinggi, gula darah dan lain-lain tergantung dengan jenis makanannya.

2. Meminimalisir Teknologi

Tips Liburan Sehat - Meminimalisir Teknologi (shutterstock)
Tips Liburan Sehat – Meminimalisir Teknologi (shutterstock)

Stop memegang ponselmu di saat bersantai di pinggir pantai. Stop menerima panggilan di saat kamu sedang berdecak kagum melihat pemandangan pegunungan. Stop asik mengedit foto di saat di depanmu ada air terjun yang begitu indah.

Liburan itu ada, guna membantu kita menenangkan pikiran, agar setelahnya pikiran kita akan jauh lebih jernih. Teknologi terkadang bisa menjadi penghalang akan hal tersebut.

Walau memang sangat sulit untuk menghilangkan penggunaan teknologi, tapi minimalisir lah penggunaannya sebanyak mungkin agar tujuan dari liburanmu dapat tercapai. Percayalah semuanya dapat menunggu di saat kamu pulang ke penginapan nanti.

Sebagai tambahan, ada beberapa aplikasi yang cukup membantumu saat liburan loh. Baca juga: Aplikasi Traveling : 20 Aplikasi Travel yang Wajib Ada di HP Traveler

3. 20 Menit yang Paling Krusial

Tips Liburan Sehat - 20 Menit yang Paling Krusial (netquest)
Tips Liburan Sehat – 20 Menit yang Paling Krusial (netquest)

Sebenarnya untuk poin ini, tips yang diberikan tidak hanya dapat diaplikasikan pada saat liburan saja, tetapi di kehidupan sehari-hari juga dianjurkan untuk dijalani. Selama seharian kita berjalan-jalan, kamu hanya perlu menyisihkan waktu 20 menit untuk ini loh.

Olahraga. Ya, kamu hanya perlu meluangkan waktu 20 menit saja untuk berolahraga. Lakukan lah hal-hal mudah seperti jumping jack, push up, sit-up, squat bahkan peregangan saja untuk berolahraga ringan yang sudah lumayan membantumu lebih bugar lagi.

4. Jadikan Tidur Prioritas

Kamar Tidur (freepik)
Tips Liburan Sehat – Jadikan Tidur Prioritas (freepik)

Hal ini mungkin terdengar aneh, apalagi bagi para penyandang usia muda. Tapi percayalah, tidur 8 jam itu harus tetap dilakukan meskipun di saat kamu liburan. Dengan istirahat yang cukup, kamu akan merasa lebih waspada dan sehat di kemudian hari.

Tentunya kamu tidak mau kan, di saat jalan-jalan, hari pertama kamu tidur, katakan lah tidurmu hanya 3-4 jam saja. Keesokan harinya, kamu akan merasa letih, perjalananmu tidak akan maksimal, belum lagi imun tubuhmu juga menurun, menyebabkan di hari berikutnya kamu sakit, dan malah semakin tidak bisa menikmati liburanmu di hari ketiga.

Lihat kan seberapa pentingnya peranan tidur yang cukup? Yuk tetap atur pola tidurmu agar liburanmu maksimal.

5. Selalu Bawa Air Mineral

Botol Minum Air (detik)
Botol Minum Air (detik)

Liburan adalah waktu untuk kita mengunjungi tempat-tempat khas di area tersebut dan tentunya melakukan banyak aktivitas yang dapat menguras energimu.

Sangat penting untuk selalu membawa air mineral di setiap perjalananmu untuk dapat langsung dikonsumsi saat kamu merasa haus agar terhindar dari dehidrasi. Hindari untuk mengkonsumsi minuman dengan soda atau kadar gula yang tinggi, karena justru itu akan membuatmu lebih dehidrasi.

Demikian tips-tips liburan sehat yang sangat mudah untuk dilakukan. Siapa bilang sehat untuk jiwa dan raga itu sulit? Tapi tahukah kamu, selain kesehatan jiwa dan raga kita juga harus menjaga diri dan barang-barang bawaan kita dari penipuan saat liburan loh. Jangan lupa untuk baca juga: Tips Wisata Untuk Kamu yang Ga Pengen Kena Tipu Ketika Berlibur