Hit Enter to search or Esc key to close
Blog thumbnail

Tips Diet Ketika Sedang Berlibur

Tips Diet Ketika Sedang Berlibur

Blog thumbnail

Tips Diet Saat Berlibur – Seringkali kita diperhadapkan pilihan sulit ketika memiliki program diet yang sedang dijalankan, tapi sedang pergi ke suatu tempat. Tentu saja, kamu akan ragu apakah rela merusak dietmu demi makanan yang hanya dapat kamu pesan saat di tempat itu?

Tenang saja, artikel ini akan memberikan tips-tips yang sangat mudah untuk menjaga asupan nutrisi agar tetap seimbang. Sesuai dengan diet yang ingin atau sedang kamu jalankan. Yuk kita langsung aja masuk ke poin pertama.

Tips Diet Mudah dan Jitu Saat Berlibur

1. Aturan 3 Suap

Tips Diet Saat Liburan – Aturan 3 Suap

Salah satu kenikmatan yang tiada duanya di saat berlibur adalah kuliner. Makanan khas daerah tersebut tentunya akan memberikan kenikmatan yang berbeda dengan restoran dekat tempat tinggalmu. Tenang, kamu tetap dapat menikmatinya kok. Nikmati 3 suap dari menu tersebut dan dietmu akan tetap berjalan normal, begitu menurut ahli diet Tanya Zuckerbrot MS, RD. Tapi ingat, jangan 3 suap dikali 5 menu ya, akan sama saja. Maksimal terapkan di 3 menu saja.

2. Meminimalisir “Cobaan”

Tips Diet Saat Liburan - Kulkas (Squared.one)
Tips Diet Saat Liburan – Meminimalisir “Cobaan” (Squared.one)

Hampir di setiap ruangan hotel akan ada makanan ringan dan minuman bersoda di dalam kulkas. Minta tolong kepada pihak hotel untuk mengosongkan kulkas tersebut dan kamu isi dengan makanan ringan sehat yang kamu bawa sendiri. Makanan ringan yang dimaksud beberapa di antaranya adalah yogurt, buah-buahan segar serta sereal.

Hal ini juga dapat diterapkan di dalam pesawat atau kereta. Selain harga makanannya yang cukup mahal, biasanya makanan yang dijual merupakan makanan dengan tinggi kalori dengan kandungan yang tidak baik untuk dietmu, seperti tinggi gula dan bahan pengawet.

3. Tetap Terhidrasi

Tips Diet Saat Liburan - Botol Minum Air (detik)
Tips Diet Saat Liburan – Selalu Terhidrasi(detik)

Wah apa hubungannya? Kalo kamu mengalami dehidrasi, beberapa gejalanya adalah pusing, lemas dan merasa lapar. Biasanya, kalau kamu merasa lapar dan tidak membawa makanan ringan yang sehat, kamu akan memakan apa yang dijual di sekitar. Nah, hal ini yang tidak baik bagi dietmu. Asupannya tidak menentu, bisa saja kamu membeli moci dengan tinggi gula untuk “mengganjal” rasa laparmu. Tetap terhidrasi ya, dengan membawa minum sendiri.

Selain agar tetap terhidrasi, membawa minum sendiri dapat menjadi salah satu alternatif berhemat loh. Baca juga: 10 Tips Menabung Mudah di Tahun Ini – Dijamin Bisa Jalan-Jalan Jauh!

4. Jangan Tidak Makan

Makanan Khas Betawi
Tips Diet Saat Liburan – Jangan Tidak Makan (tokopedia)

Usahakan untuk selalu makan di waktu yang sesuai. Jangan tidak makan siang lalu makan malam. Kemungkinan besar kamu akan kekurangan energi setelahnya, hal ini juga tidak baik bagi kesehatan. Menurut Tanya Zuckerbrot MS, RD, akan lebih baik untuk makan setiap 4-5 jam sekali. Tetapi hal ini bukan untuk selalu makan berat ya, kamu bisa memakan makanan ringan sehat yang sudah kamu bawa pada periode tersebut.

5. Bergerak

Tips Diet Saat Liburan - Area Jepang di Jatim Park 3 (desimegasari)
Tips Diet Saat Liburan – Bergerak (desimegasari)

Selalu memilih untuk bergerak. Apabila kamu tidak membawa barang bawaan, akan lebih baik kamu menaiki tangga daripada lift. Hal ini dapat membuat kamu tetap sehat walau sedang berlibur. Jangan lupa untuk selalu melakukan peregangan otot setelah berada di posisi yang sama pada waktu lama. Seperti setelah perjalanan jauh.

Hal ini memang mungkin sulit dilakukan saat di pesawat. Kamu dapat melakukan peregangan otot dengan menarik kedua tanganmu ke atas dan kakimu ke depan saat di tempat duduk ketika baru duduk saat berangkat dan setelah pesawat mendarat.

Kalo kamu mau sehat maksimal dalam liburan, bisa juga baca: Liburan Sehat – 5 Tips Jitu yang Paling Mudah Untuk Dilakukan

6. Lihat-lihat Tempat Makan

Kurnia Village Resto (wahyu_s4rwo)
Tips Diet Saat Liburan – Lihat-lihat Tempat Makan (wahyu_s4rwo)

Sebelum bepergian akan jauh lebih baik apabila kamu tentukan ingin makan di mana terlebih dahulu. Karena dari risetmu tersebut, kamu dapat menyesuaikan asupan nutrisimu dari menu di resto yang kamu pilih. Hal ini juga sangat efektif untuk memilih restoran yang benar-benar enak, tidak asal masuk dan ternyata 1 kali makanmu terbuang untuk menu yang kurang enak.

7. Mulai Hari Dengan Tepat

Tips Diet Saat Liburan - Bubur Ayam Agus
Tips Diet Saat Liburan – Mulai Hari Dengan Tepat

Makan pagi merupakan hal yang cukup penting, karena asupan ini yang akan memberi energi hingga makan siang. Jangan pernah untuk tidak makan pagi, usahakan makan pagi sesedikit apa pun. Tapi tentu saja tetap dalam porsi normal ya. Usahakan makan makanan dengan gizi tinggi. Jangan lupa juga untuk minum vitamin guna meningkatkan imunitasmu dan memberikan energi tambahan sepanjang hari.

Gimana? Udah Siap Berlibur?

Nah itu tips-tips diet yang bisa kamu ikuti selama liburan. Kalo sudah dijalankan, coba share testimonialnya juga ya di sini. Atau kamu ada tips lain? Share juga ya di sini, nanti ditambahkan di artikel. 😊