Hit Enter to search or Esc key to close
Tips Membawa Laptop Saat Liburan Agar Perjalananmu Tenang

Tips Membawa Laptop Saat Liburan Agar Perjalananmu Tenang

Tips Membawa Laptop Saat Liburan Agar Perjalananmu Tenang

Tips Membawa Laptop Saat Liburan Agar Perjalananmu Tenang

Tidak dapat dipungkiri, di saat liburan, terkadang kita ingin membawa pekerjaan bersama dengan kita. Di satu sisi, sangat perlu untuk membawa laptop dan alat elektronik lainnya, di sisi lain, laptop dan peralatan elektronik adalah benda yang cukup rawan. Rawan rusak dan juga rawan dicuri orang. Ada beberapa tips yang perlu kamu ketahui saat membawa laptop dan peralatan elektronik di perjalanan maupun liburan kamu.

1. Tempat Penyimpanan yang Aman

Tips Membawa Laptop Saat Liburan – Flashdisk (blibli)

Tempat penyimpanan yang dimaksudkan adalah penyimpanan data. Seringkali kita menggunakan hard disk eksternal untuk menyimpan data-data kita yang berjumlah besar.

Tapi tahukah kamu, hard disk eksternal merupakan bentuk penyimpanan data yang cukup rawan untuk rusak? Apalagi kalau kamu di area yang tidak stabil, seperti di jalan, dan mencolokannya ke laptop yang menyala. Bagian dalam hard disk akan cepat rusak.

Solusinya adalah, membawa data seperlunya di dalam flashdisk. Komponen di dalam flashdisk jauh lebih kuat dibandingkan hard disk eksternal, sehingga kemungkinan flashdisk akan rusak akan sangat kecil.

2. Membeli Tas Ransel yang Baik Untuk Laptop

Tips Membawa Laptop Saat Liburan - Kompartemen Laptop (eloop)
Tips Membawa Laptop Saat Liburan – Kompartemen Laptop (eloop)

Laptop juga merupakan alat elektronik yang tidak hanya paling mahal di antara barang-barang bawaanmu, tetapi juga paling rawan untuk rusak. Beli lah tas ransel yang cukup bagus untuk keamanan laptopmu.

Biasanya tas ransel dengan keamanan yang baik memiliki bagian kompartemen sendiri untuk laptop di dalam tas ransel tersebut. Disertai dengan bantalan yang cukup tebal, agar laptop tidak mudah rusak dengan barang-barang bawaan selain laptop. Di bagian atas kompartemen tersebut juga ada strap pengunci, agar posisi laptop tetap stabil, tidak tergoyang-goyang.

Jangan lupa, agar baik lagi, pastikan tas ransel tersebut anti air. Agar air hujan, atau tumpahan minuman tidak masuk ke dalam tas tersebut dan merusak alat-alat elektronik yang tersimpan di dalamnya.

3. Tidak Memakai Tas Selempang Laptop

Tips Membawa Laptop Saat Liburan - Ransel (jeremybishop)
Tips Membawa Laptop Saat Liburan – Ransel (jeremybishop)

Hal ini sangat dianjurkan. Jangan pernah membawa laptop di dalam tas selempang laptop maupun laptop sleeve. Pencuri akan dengan mudah melihat bahwa kamu sedang membawa sebuah laptop.

Lebih baik menggunakan ransel, selain lebih enak untuk dibawa-bawa, karena beratnya didistribusikan ke kedua bahumu, pencuri akan jauh lebih bingung dengan isi yang ada. Mereka tidak akan berani untuk mengambil resiko mencuri apabila tidak mengetahui dengan pasti isi tasmu.

Dalam perjalanan, selain barang bawaan yang harus enak untuk dibawa, beberapa aplikasi wajib ini juga akan membantu meringankan perjalananmu: Aplikasi Traveling : 20 Aplikasi Travel yang Wajib Ada di HP Traveler

4. Kunci Laptopmu

Tips Membawa Laptop Saat Liburan - Laptop Cable Lock (collegedormessentials)
Tips Membawa Laptop Saat Liburan – Laptop Cable Lock (collegedormessentials)

Kamu pasti pernah melihat apabila kamu berkunjung ke booth penjual laptop, laptop-laptop yang dipajang pasti dikunci dengan sebuah kabel yang terhubung dengan booth-nya?

Hal yang sama bisa kamu lakukan ke laptopmu juga loh. Memang harganya tidak terlalu murah, tetapi dibandingkan dengan harga laptop yang akan hilang bersama dengan resiko hilangnya laptopmu, tentunya tidak masalah untuk membeli alat ini.

Hal ini sangat berguna apabila kamu sedang bekerja di sebuah cafe sendirian dan perlu pergi ke toilet sebentar. Tidak mungkin kamu akan membawa semua barang bawaanmu ke dalam toilet bukan. Mengunci laptop juta dapat dilakukan di kamar hotel, kamu dapat mengaitkan kunci ini kepada sesuatu yang tertanam dengan lantai, seperti mungkin rak yang tertanam ke lantai.

Di toko-toko online, kamu bisa membeli dengan melakukan pencarian “laptop cable lock”. Harganya bervariatif, mulai dari 50,000 rupiah hingga 300,000 rupiah. Tapi ingat ya ada harga ada barang, harga akan menyesuaikan dengan kualitas yang didapat.

5. Melakukan Backup

Tips Membawa Laptop Saat Liburan - Backup Laptop (andrewneel)
Tips Membawa Laptop Saat Liburan – Backup Laptop (andrewneel)

Pertama, selalu melakukan backup data-datamu di rumah sebelum berangkat. Tidak menutup kemungkinan apabila laptopmu rusak atau hilang, kamu sudah memiliki backup data-datanya di rumah.

Kedua, jangan juga berharap untuk selalu menemukan internet di sepanjang perjalanan. Lebih baik kamu menaruh juga data-datamu di laptop ataupun flashdisk mu, agar dapat mengaksesnya tanpa internet.

6. Membawa Universal Adapters

Soket Colokan Listrik (room)
Tips Membawa Laptop Saat Liburan – Soket Colokan Listrik (room)

Ini hal yang cukup penting untuk kalian bawa, terutama apabila kamu melakukan perjalanan ke luar negeri. Kebanyakan negara lain memiliki colokan listrik yang berbeda-beda dibandingkan colokan yang ada di Indonesia.

Apabila kamu tidak membawa ini dan baterai laptopmu habis, maka kamu tidak dapat melakukan pengisian daya ke laptop maupun alat-alat elektronikmu yang lain.

Jangan lupa juga untuk membawa perpanjangan kabel, agar kamu dapat mengisi daya ke lebih dari satu perangkat elektronik dalam satu waktu bersamaan.

Selain adapter universal, ada beberapa barang yang harus kamu bawa ketika berjalan-jalan loh. Jangan sampe lupa, baca di sini: List Packing Liburan – Semua Hal yang Jangan Sampe Kamu Lupa

7. Hapus Data-Data Pribadi Penting

Kartu Kredit (duwitmu)
Tips Membawa Laptop Saat Liburan – Data-Data Penting (duwitmu)

Jangan menutup mata, akan ada kemungkinan laptopmu akan hilang dan diambil orang. Hapus data-data pribadimu yang berbahaya, seperti informasi perbankan online kamu, kartu keluarga dan lain-lain.

Jangan sampai orang yang mengambil laptopmu, mendapatkan data-data penting ini juga, dan menguras rekening bankmu. Hapus dan backup data-data penting tersebut di rumah.

Selain pencurian ada juga loh modus-modus lain yang dapat merugikan kita saat berlibur. Baca juga: Tips Wisata Untuk Kamu yang Ga Pengen Kena Tipu Ketika Berlibur

Begitu kira-kira tips dalam membawa laptop dan membawa alat-alat elktronik lainnya saat kamu berlibur. Selalu tetap waspada ya.