Tips Sebelum berwisata ke Gunung Bromo

Tips Travelling

Tips Sebelum berwisata ke Gunung Bromo – Keindahan gunung Bromo seakan tidak ada pernah habisnya. Tidak mengenal musim, baik dalam musim kemarau maupun musim penghujan, tidak akan mengurangi keindahan panorama gunung bromo bromo. Dini hari dengan rasa ngantuk plus dingin pun pengunjung harus rela bangun untuk mengejar keindahan matahari terbitnya. Kala matahari mulai terbit dilanjutkan ke area kawah Gunung Bromo yang saat ini selalu aktif mengeluarkan asap belerang. Untuk mencapainya pengunjung harus jalan kaki atau sewa kuda sejauh 1 km an, belum lagi menaiki sekitar 250 anak tangga untuk menuju bibir puncak Bromo. Ada juga kearifan lokal dari suku tengger yang tidak bisa dipisahkan dengan Pura Luhur Poten, tempat untuk memuja Tuhan maupun upacara suku tengger, baik untuk perayaan agama atau perayaan adat istiadat seperti upacara Yadya Kasada atau festival kasodo.

Di sebelah timur ada bentangan kaldera atau lautan pasir yang populer disebut pasir berbisik, tempat selfi yang sangat indah di bawah bukit b29 dan bukit b30. Di selatan gunung bromo pun tempat wisata untik yang jarang ada di indonesia yaitu gunung-gunung kecil dengan rerumputan hijau yang menghampar luas akan menyegarkan fikiran dan membuang segala kejenuhan selama aktivitas sehari-hari.

Gunung Bromo dengan ketinggian 2.300 mdpl sudah di pastikan suhunya sangat dingin apalagi kalau masuk musim kemarau, Sebelum melakukan perjalanan ke Wisata Gunung Bromo, kalian perlu mempersiapkan segala sesuatunya terlebih dahulu agar semua berjalan dengan lancar.karena perencanaan yang matang adalah kunci perjalanan yang menyenangkan.

Yuk simak beberapa tips dibawah ini 🙂

  1. Booking Penginapan Lebih Awal
    Gunung bromo ini sangat banyak diminati oleh para wisatawan domestik maupun manca negara. Bila anda dan keluarga berancana untuk menginap di bromo, maka wajib booking hotel/penginapan jauh-jauh hari. terlebih jika berencana untuk melakukan perjalanan di akhir pekan, pasti ramai sekali. Selain penginapan, anda juga juga harus memesan Jeep Bromo (mobil off road yang akan dipakai untuk mengeksplorasi Gunung Bromo). Pasalnya, anda akan kesulitan sekali memesan jeep bromo setelah sampai di Bromo, selain itu harga juga menjadi lebih mahal.
  2. Pilih Waktu Yang Tepat
    Untuk pilihan waktu yang terbaik, tips wisata ke gunung bromo menyarankan disaat musim kemarau yaitu di bulan Mei – Oktober.  sebab dimusim kemarau anda akan menyaksikan matahari terbit lebih besar bulat kemerahan dengan sempurana. Tetapi kondisi pemandangan dari padang savana yang kurang begitu bagus, hal ini disebabkan rumput – rumput di padang savana yang mengering. Dan apabila Anda berkunjung pada musim penghujan,  keindahan padang savana yang menghijau akan dapat Anda nikmati dengan sempurna, namun beresiko akan kehilangan pemandangan Sunrise karena mendung, . jadi Anda dapat memprioritaskan kondisi yang bagaimana yang Anda inginkan untuk berwisata ke gunung Bromo.
  3. Pakaian dan Perlengkapan
    Udara dingin yang ada di bromo ini merupakan tantangan yang harus kita hadapi, karena suhu udaranya bisa mencapai 10 derajat celcius. selain fisik yang fit,pakaian dan perlengkapan juga harus kita siapkan dengan baik.Berikut ini beberapa rekomendasi pakaian  yang harus disiapkan sebelum melakukan perjalanan :

    1. Jaket Tebal
      Jaket yang direkomendasikan adalah jaket yang bisa menahan udara dingin dan bukan sekedar jaket fashion saja. selain itu bawalah beberapa kaos lengan panjang yang bisa anda pakai sebelum memakai jaket. karena setiap orang memiliki kekebalan yang berbeda terhadap suhu dingin, maka hal itu sangat di perlukan.
    2. Celana Panjang tebal
      Usahakan pakai Celana khusus Outdor , karena bahannya lumayan tebal dan bisa melindungi kaki dari udara yang dingin.biasanya celana ini dipakai oleh para pendaki gunung.
    3. Syal, Kupluk, Sarung Tangan
      Karena jaket tidak dapat menutupi seluruh badan, maka ada baiknya anda melengkapinya dengan Syal, kupluk, sarung tangan. syal berguna untuk melindungi leher anda dari hawa dingin kupluk untuk melindungi kepala agar tidak terasa dingin.ini sangat di rekomendasikan selain untuk melindungi kepala,juga berguna untuk menutupi telinga yang bertujuan untuk mengurangi tekanan udara saat berada di puncak gunung bromo.yang terakhir adalah sarung tangan. Jika anda lupa membawa perlengkapan ini,jangan khawatir karena di sekitar bromo dan penanjakan (sunrise view point) banyak yang menjual berbagai syal, kupluk, dan sarung tangan disana walaupun harganya akan sedikit lebih mahal.
    4. Sepatu
      Jangan pernah brencana menggunakan sandal di tengah udara yang dingin.selain itu kontur jalan yang akan dilalui sebagian besar berbatu dan berpasir. Sepatu boot atau sepatu hiking akan lebih beguna daripada sepatu sneakers karena selain kuat sepatu jenis ini akan melindungi kalian dari cedera.
    5. Lampu Senter / Flashlight
      Ini berguna disaat anda ingin menikmati sunrise, karena anda akan mulai mendaki di saat langit masih gelap gulita sebelum sampai di puncak.Penerangan dari senter akan sangat membantu untuk menapaki jalan yang terjal ketika menuju penanjakan (sunrise view point).dan ingat selalu berhati-hati di dalam perjalanan.
    6. Masker
      Karena tempatnya yang berada ditengah-tengah hamparan pasir,maka masker sangat penting untuk melindungi hidung dan mulut kita dari terpaan debu pasir yang bisa menyebabkan batuk dan perih pada tenggorokan.
    7. Kacamata
      Untuk yang terakhir ini selain buat gaya, bisa juga untuk melindungi mata dari debu dan terik matahari.
  4. Kamera dan perlengkapannya
    Untuk menempuh perjalanan ke bromo memerlukan perjuangan dan persiapan yang tidak sedikit. oleh sebab itu alat yang satu itu wajib dibawa. anda akan rugi setelah susah payah mencapainya tapi tidak dapat foto-foto yang keren, apalagi fotonya dengan latar belakang sunrise. selain itu Tripod juga penting lho di bawa, soalnya di sana tidak ada tukang foto gratis dan pada asik foto sendiri-sendiri .Dikarenakan  waktu sunrise sangat cepet sekali, jadi jangan sampai melewatkan moment itu. dan jangan lupa membawa colokan listrik tambahan yang isi banyak untuk charge baterai Hp, Tablet dan lain-lain karena di hotel biasanya colokan listriknya terbatas.
  5. Bawa Makanan dan Minuman
    Disana memang banyak sekali penjual makanan yang akan ditemui,tapi ada baiknya kalo kalian membawa beberapa makanan kecil untuk mengantisipasi rasa lapar yang mendadak datang, karena di bromo udaranya dingin. untuk makanan yang di jual di bromo harganya relatif lebih mahal, maklum namanya juga tempat wisata. perlu di ingat, jalan-jalan yang menyenagkan itu jika kita tidak mengeluarkan banyak uang tapi bisa menikmati keindahan yang luar biasa karena itulah alasan tips wisata ke bromo  kami sampaikan.
  6. Persiapkan Fisik
    Berwisata ke Gunung Bromo ini bukan seperti mendaki gunung yang banyak sekali persiapannya. Kondisi fisik harus dalam kondisi fit supaya daya tahan tubuh tidak mudah drop , hal ini dikarenakan suhu cuaca di gunung Bromo yang sangat dingin, belum lagi harus menaiki 250 anak tangga untuk melihat kawah Gunung Bromo. Anda akan rugi jika sudah sampai bromo tapi kondisi badan menurun. apalagi jika anda berencana untuk menggunakan sepeda motor, tubuh yang fit adalah suatu keharusan.
  7. Periksa & Servis Kendaraan Sebelum Berangkat
    Untuk menjaga kemanan anda dalam perjalanan, periksa dan service dahulu kendaraan pribadi yang akan digunakan untuk menempuh perjalanan ke Gunung Bromo. karena banyak juga yang datang ketempat ini menggunakan kendaraan pribadi yang notabene berasal dari jakarta dan sekitarnya. karena sepanjang perjalanan anda akan melewati jalanan yang berkelok dan menanjak. Dan satu lagi, usahakan bensin terisi penuh, karena jarang ada penjual bensin di daerah yang mendekati puncak gunung Bromo.
  8. Usahakan Rombongan Jika Menggunakan Motor
    Perjalanan akan sangat menyenangkan apabila dilakukan bersama-sama dengan teman, apalagi jika punya hobi yang sama. karena jika salah satu kendaraan anda terjadi kendala teknis di dalam perjalanan,ada teman yang siap membantu. perlu diketahui juga selain medannya yang berkelok, disekitarnya pun masih jarang ada pemukiman warga.
  9. Siapkan Uang Tunai Yang Cukup
    Bawalah uang tunai sesuai kebutuhan selama berwisata ke bromo untuk membiaya rencana wisata dan kegiatan Anda selama disana,karena anda tidak akan menemukan Mesin ATM disekitar tempat wisata bromo ini. dan yang pasti jangan sampai kekurangan, bisa kacau nanti liburannya.
  10. Mengejar Sunrise
    Salah satu tujuan utama wisatawan adalah melihat indahnya sunrise, karena dari penanjakan sunrise view point inilah sunrise akan terlihat indah sekali. jika anda ingin melihatnya, maka berangkat lebih awal dari penginapan. Anda akan bertemu dengan wisatawan lainnya yang juga ingin menikmati indahnya sunrise. hal ini menjadi perjalanan yang sangat menyenangkan.
  11. Jangan mudah terpengaruh oleh orang yang menawarkan jasa
    Jika ada orang yang menawarkan jasa untuk mengantarkan anda ke puncak gunung bromo jangan mudah terpengaruh, karena ada yang sebagian dari orang tersebut hanya memanfaatkan ketidak tahuan kita. ada baiknya jika membawa teman yang sudah pernah kesini.
    demikianlah Tips wisata ke gunung bromo super lengkap dari pesonabromo.com sebelum melakukan perjalanan ke Gunung Bromo. Semoga bermanfaat sehingga liburan kalian dapat berjalan dengan lancar dan menyenangkan. Selamat menikmati Wisata Gunung Bromo. Agar lebih mudah dan ekonomis bisa dikombinasikan dengan Bromokita Tour
Tips Sebelum berwisata ke Gunung Bromo
5 (100%) 2 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *