Hit Enter to search or Esc key to close
Paket Wisata Bromo Premium Private

Tips Sebelum berwisata ke Gunung Bromo

Tips Sebelum berwisata ke Gunung Bromo

Paket Wisata Bromo Premium Private

Bagi pecinta wisata alam Gunung Bromo adalah tujuan yang sangat penting untuk dikunjungi, setidaknya sekali seumur hidup. Memiliki panorama alam yang indah di Jawa Timur, Gunung Bromo adalah tempat matahari terbit terbaik di Indonesia. Tak heran kawasan Gunung Bromo tidak pernah sepi oleh para pelancong, tidak hanya pengunjung domestik nusantara yang juga tidak sedikit dari luar negeri. Beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan, sebelum melakukan perjalanan di Gunung Bromo sebagai berikut.
Gunung Bromo (dari bahasa Sansekerta: Brahma, salah satu dewa utama dalam agama Hindu) atau dalam bahasa Tengger yang dieja “Brama”, adalah gunung berapi aktif di Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut dan terletak di empat wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang.

  1. Rute dan Akses ke Gunung Bromo
    Ada banyak pilihan untuk rute transportasi ke Gunung Bromo, Gunung Bromo di berbagai kabupaten, 4 pintu masuk dari Malang, Probolinggo, Pasuruan dan Lumajang. Namun rute yang sering digunakan sebagai persimpangan publik adalah 3 jalur utama, dari Malang dan Surabaya.
    • Surabaya – Tongas Probolinggo – Sukapura – Cemoro Lawang – Bromo
    • Surabaya – Pasuruan – Tosari – Wonokitri – Bromo
    • Malang – Tumpang – Gubugklakah – Ngadas – Jemplang – Bromo

    Menuju Bromo, Anda dapat menggunakan transportasi umum, rute termudah untuk transportasi umum adalah melalui Pasuruan atau Probolinggo. Yang terbaik adalah tidak merencanakan sore atau malam hari jika Anda menggunakan perjalanan dengan transportasi umum. Rute dari Malang melalui Gubugklakah lebih disukai di kalangan wisatawan daripada melalui Surabaya-Probolinggo. Meski medannya cukup curam, pemandangan alam yang disajikan di sini siap memanjakan Anda.

  2. Awal Musim Kemarau Adalah Panorama Terbaik
    Kapan saja Bromo masih cantik dan cantik dengan Panoramanya, tetapi setelah musim hujan suasana Bromo menjadi hijau lagi dengan kesuburan tanah pegunungan yang rimbun dan tumbuh semak-semak yang menutupi setiap kontur di kawasan Gunung Bromo. Sedangkan musim kemarau mendominasi warna coklat yang menutupi lautan Bromo dengan kesan berada di hamparan padang pasir yang luas. Gunung Bromo memiliki dua versi berbeda selama musim kemarau atau musim hujan karena pengaruh vegetasi.
  3. Pilih Waktu Hari Ini, Bukan Akhir Pekan atau Liburan Panjang
    Bromo selalu ramai dengan kunjungan wisatawan, baik lokal maupun asing. Jika Anda ingin menikmati suasana Gunung Bromo lebih menyenangkan tanpa kerumunan pengunjung, Anda harus memilih waktu hari kerja atau akhir pekan, tetapi tidak selama liburan panjang atau Musim Tinggi selama Idul Fitri atau Natal dan Tahun Baru.
    Berdasarkan laporan dari Aula Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), sebagai pengelola kawasan wisata alam di Bromo mencatat bahwa mengunjungi Gunung Bromo dan Gunung Semeru selama liburan Natal dan Tahun Baru sebanyak 27.331 orang dihitung. dalam seminggu atau seminggu.
  4. Bromo Midnight or Stay
    12 Jam atau Satu Malam Kunjungan Menginap di Bromo, Sebelum berwisata ke Gunung Bromo sangat bijak jika Anda juga mendesain durasi atau lamanya waktu kunjungan, tentu saja semua terkait dengan anggaran yang harus dianggarkan saat di tur di Bromo.
    Bromo Midnight, Bromo tur tanpa menginap. Berangkat pada tengah malam matahari terbit berburu di Pananjakan dan kembali pada sore hari setelah puas menikmati 6 tempat populer saat di Gunung Bromo. Jika Anda berencana untuk tinggal di sekitar Bromo, ada banyak hotel dan penginapan yang menawarkan harga layanan berdasarkan fasilitas dari hotel bintang ke homestay, rumah masyarakat Tengger yang disewakan sebagai rumah penginapan bagi wisatawan.
  5. Layanan Operator Pariwisata, Sewa Jeep Bromo, atau Backpacker/Liburan sendiri
    Wisata Gunung Bromo, dan seiring dengan perkembangan teknologi informasi, tidak ada lagi informasi tentang Gunung Bromo dari perangkat ponsel Anda. Semua informasi tentang Gunung Bromo sekarang lebih mudah diakses tanpa batasan dan ini memungkinkan Anda untuk lebih bebas mengelola tur Anda sendiri, bahkan tanpa layanan dari operator tur atau menyewa jip Bromo.Wisata Keluarga, dengan kendaraan pribadi Anda, Anda bisa datang ke Gunung Bromo, membeli tiket untuk memasuki wilayah Bromo, kemudian pergi ke 4 atau 6 tempat populer di Bromo, yang dapat dicapai dengan menyewa Jeep Bromo atau trekking. Untuk keperluan makanan atau konsumsi, tunjukkan saja di warung dan restoran di sepanjang jalan.
  6. Sewa Jeep, Menunggang Kuda atau Trekking ke Kawah Bromo
    Memasuki wilayah lautan pasir di Gunung Bromo, izin masuk kendaraan hanya untuk dua roda dan Jeep Bromo sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan oleh pengelola kawasan Bromo (TNBTS). Sementara kendaraan pribadi (mobil kecil) atau bus dapat diparkir di hotel atau tempat istirahat dan beroperasi dengan menyewa jeep bromo jika Anda tidak mau berjalan atau trekking.Tidak wajib dan harus menyewa jip Bromo, jika Anda berencana untuk pergi ke Bromo Crater. Meskipun saat ini jarang dan sangat sedikit wisatawan khususnya Nusantara ke Kawah Bromo dan tempat-tempat populer lainnya tanpa sewa jip Bromo. Alternatif sehat lainnya adalah trekking di seluruh area Bromo yang populer, atau opsi lain dengan Kuda.
  7. Mengantisipasi Udara Dingin di Bromo
    Dengan ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut, Gunung Bromo memiliki suhu di bawah 10 derajat Celcius. Jadi, bagi Anda yang biasanya tidak dingin, suhu udara Bromo bisa menjadi bumerang. Nah, untuk mengantisipasinya, Anda harus melengkapi diri dengan jaket tebal, syal, sarung tangan untuk inhealer bagi mereka yang menderita asma.
  8. Bawalah Sepatu usahakan Jangan Jepit
    Kecuali Anda akan lebih banyak berada di dalam kendaraan daripada berada di lautan pasir, Gunung Pananjakan atau Kawah Bromo, mohon tanpa sepatu itu akan aman. Tetapi jika Anda berencana untuk melakukan banyak kegiatan di luar, sepatu bot atau trekking lebih aman, terutama selama musim hujan.Sepatu trekking, tidak hanya melindungi kaki dari medan yang curam, pasir dan bebatuan tetapi juga berfungsi untuk menjaga kehangatan kaki dari suhu dingin Gunung Bromo.
  9. Jangan Lupa Kacamata, Topi, Masker dan Sunblok
    Kawah Gunung Bromo yang aktif masih mengeluarkan bau belerang yang kuat. Aroma belerang biasanya akan meredam dada, terutama jika Anda menderita asma harus lebih hati-hati. Upaya pencegahan yang baik adalah dengan membawa topeng atau buff. Fungsinya juga untuk menyaring debu atau pasir yang beterbangan. Apalagi jika Anda berkunjung saat musim kemarau.Kacamata hitam, selain lebih dingin dalam bingkai, juga membantu mata saat terik di bawah matahari dan juga mengurangi sapuan pasir yang terbawa angin, sangat berguna saat Anda berada di sabana atau lautan pasir Bromo. Sedangkan Topi, kerpus atau balaclavab dapat mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Lambat tapi pasti, Anda tidak merasa langsung di bawah terik matahari karena Anda berada di ketinggian dengan udara sejuk.Dehidrasi adalah suatu kondisi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang didapatnya, sehingga keseimbangan gula dan garam menjadi terganggu, akibatnya tubuh tidak dapat berfungsi secara normal. Kadar air yang sehat dalam tubuh manusia adalah lebih dari 60% dari total berat badan.
  10. Bawalah cukup makanan ringan dan air
    Kawasan wisata Gunung Bromo sudah dijejali banyak penjual makanan. Mulai dari warung mie instan hingga warung sate ayam, pilih saja! Tetapi, jika Anda ingin menghemat, silakan mampir ke beberapa minimarket di wilayah Jemplang atau Sukapura. Bekali diri Anda, setidaknya dengan air mineral, roti instan atau bubur untuk menjaga stamina dan kekurangan cairan tubuh.

Yuk, berwisata di Malang Bromo Tengger Semeru Kawah Ijen. Percayakan liburanmu selama di Bromo Malang pada Bromokita Tour Travel. Kami akan membuat Kamu merasakan sensasi berpetualang di Malang Bromo Kawah Ijen selama beberapa hari dengan mengunjungi tempat seru dan indah.

Nah, tunggu apa lagi, Kami akan sangat senang menunggu telepon darimu untuk segera bergabung. Jangan tanggung-tanggung, ajak teman-teman, keluarga, dan pacarmu untuk ke Malang bersama Bromokita Tour Travel.